IBC, TALIABU – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kadis PUPR) Taliabu, Suprayidno, lama tak berkantor, terhitung sejak Desember 2020 hingga sekarang.

Kabarnya, menantu wakil Bupati Pulau Taliabu itu sering melakukan perjalanan ke luar daerah. Parahnya, keberangkatan dan keberadaannya pun tidak diketahui oleh para stafnya.

Bahkan di 2021 ini, keaktifannya dalam berkantor belum diketahui berapa kali.

Disisi lain, Kasubag Kepegawaian DPUPR Taliabu, Yohanis B. Ohoiledjaan saat dihubungi sejak pagi hingga sore (07/06/2021) tidak berada dikantor. Hal itu untuk memastikan daftar hadir pucuk pimpinan DPUPR Taliabu tersebut.

Hal yang sama, ketika dikonfirmasi ke pihak DPUPR Taliabu, sejumlah staf tak mengetahui keberadaan Suprayidno selaku pucuk pimpinan.

Begitu juga para ASN yang lainnya terkesan bungkam saat ditanya keaktifan dan keberadaan Kadis PUPR Taliabu, termasuk Kasubag Keuangan dan Penyusunan Program Dinas PUPR Taliabu, Subachtany Sulitny Dase, yang enggan dikonfirmasi.

“Ibu bilang nanti Pak Kadis Datang saja baru konfirmasi langsung ke beliau, ibu bilang dia tidak tahu Kadis pergi kemana dan dalam rangka apa,” kata salah satu staf DPUPR Taliabu, mengulang pernyataan Subachtany.

Secara terpisah, Kepala Bagian Administrasi Pimpinan dan Protokoler Kabupaten Pulau Taliabu, Agusmawati Toib Koten saat dimintai keterangan terkait rekapan surat masuk perjalanan dinas kadis PUPR Suprayidno, belum dapat memberikan keterangan.

“Saya ada suruh staf cek rekapan surat perjalanan dinas tapi masih hujan ni, soalnya sudah jam pulang kantor jadi staf juga sudah pulang, nanti kalau sudah ada baru saya kasih info,” jawab Agusmawati, saat dihubungi media saat memasuki jam pulang kantor.

Diinformasikan, beberapa hari lalu media sosial baik di Whatsapp Group (WAG) maupun Facebook (FB), salah satu akun FB dengan nama Farik Hi, disorot netizen atas kritikannya kepada Kadis PUPR Taliabu.

Dalam cuitan FB nya, Farik Hi meminta agar Kadis PUPR Taliabu dicopot. Namun tak berselang lama, pemilik akun FB Farik Hi tersebut sontak mengklarifikasi statusnya melalui video yang dibagikan ke WAG.

Klarifikasi tersebut dibuat, lantaran informasi yang berkembang bahwa Farik Hi dilaporkan ke Polda Malut, disebabkan unggahan FB nya yang dinilai mengkritisi jabatan Kadis PUPR Taliabu.

Penulis : HVD| YES