IBC, JAKARTA – Timnas Italia bekuk Turki dengan skor yang cukup meyakinkan 3-0 dalam laga perdana Grup A Euro 2020 yang digelar di Stadio Olimpico hari Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB.

Gol-gol Gil Azzuri semuanya dicetak pada babak kedua melalui bunuh diri Merih Demiral, Ciro Immobile dan Lorenzo Insigne.

Pada wala babak pertama Tim asuhan Roberto Mancini ini langsung tancap gas dengan menekan benteng pertahanan Turki namun tidak begitu banyak peluang yang tercipta.

Gli Azzurri baru mendapatkan peluang pada menit ke-22. Berawal dari sepak pojok Lorenzo Insigne, Giorgio Chiellini mengarahkan bola ke gawang Turki dengan sundulannya namun mampu dihalau Ugurgan Cakir dengan baik.

Pada menit ke-33 Italia kembali mendapat peluang kali ini lewat sebuah umpan silang dari Domenico Berardi coba dikonversi menjadi gol oleh Ciro Immobile, sayangnya, sontekan penyerang Lazio ini melebar.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama skor kacamata alias 0-0 tidak berubah.

Paska turun minum, tepatnya di menit ke-53 melalui Berardi yang melakukan serangan dari sisi kanan dan langsung melepaskan umpan silang rendah dan Bola mengenai Merih Demiral dan berbelok menuju gawang Turki. Gol bunuh diri Merih Demiral membuat Italia unggul 1-0.

Selang satu menit Leonardo Spinazzolla mendapatkan peluang untuk menggandakan kemenangan namun tembakannya jarak dekat bisa dihalau Cakir.

Ciro Immobile pada menit ke-66, membuat gawang Turki kembali bergetar untuk kedua kalinya yang memanfaatkan bola muntah hasil tembakan Spinazzolla yang ditepis Cakir menjadi gol kedua buat Gli Azzurri. 2-0.

Lorenzo Insigne memperbesar kemenangan dengan mencetak gol ketiga di menit 79. Berawal dari blunder Cakir, bola bergulir sampai ke kaki Immobile yang mengirimkan asis buat Insigne yang bebas dari pengawalan. Dengan tembakan pisang melengkung merobek gawang Turki skor menjadi 3-0.

Italia menunjukkan kalau mereka masih bernafsu mencetak gol keempat dengan mengganti trio penyerangnya. Sayang, mereka tak mampu menambah keunggulan.

Skor 3-0 pun tidak berubah hingga berakhirnya babak kedua sehingga membuat Italia merebut tiga poin pertama.

Susunan Pemain
Turki (4-1-4-1): Ugurcan Cakir; Mehmet Zeki Celik, Merih Demiral, Caglar Soyuncu, Umut Meras; Oke Yokuslu, Kenan Karaman, Ozan Tufan, Yusuf Yazici, Hakan Calhanoglu; Burak Yilmaz.
Italia (4-3-3):  Gianluigi Donnarumma; Alessandro Florenzi, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Leonardo Spinazzola; Nicolo Barella, Jorginho, Manuel Locatelli, Domenico Berardi, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne.

Penulis : FA | YES