IBC, JAKARTA – Timnas Belanda berhasil unggul tipis 3-2 atas Ukraina pada laga pertama Grup C Euro 2020 yang digelar di Amsterdam ArenA, Senin (14/6/2021) dini hari WIB.

Kelima gol yakni tiga gol untuk Belanda dicetak Georginio Wijnaldum, Wout Weghorst, dan Denzel Dumfriessedangka dua gol Ukraina dilesakkan Andriy Yarmolenko dsn Roman Yaremchuk.

Kedua tim langsung menampilkan permainan cepat dan saling serang di babak pertama membuat pertandingan enak untuk ditonton.

Belanda memiliki peluang pertama yang tercipta pada menit ke-2 lewat sepakan Memphis Depay namun mampu dihalau dengan baik oleh Georgi Bushchan.

Selang tiga menit, kembali De Orange kembali memiliki peluang melalui tembakan Denzel Dumfries kembali Bushchan kembali mampu menghalau.

Bushchan merupakan tembok terakhir yang kokoh untuk tim asuhan Andriy Shevchenko pada menit ke-39, ia kembali melakukan pekerjaan yang membuat Georginio Wijnaldum gigit jari.

TAmpil terus menekan dan saling menciptakan peluang namun hingga peluit panjang berbunyi tanda berakhirnya babak pertama skor kacatama alias 0-0 tetap bertahan.

Ritme pertandingan kedua tim tidak berubah di babak kedua tetap menyajikan permainan cepat dan saling menekan.

Akhirnya Belanda sukses mencetak gol pertama pada menit ke-52 sempat gigit jari pada babak pertama. Kali ini Wijnaldum sukses menaklukkan Bushchan lewat bola muntah usai menghalau umpan silang kiriman Dumfries skor pun berubah 1-0 untuk Belanda..

Setelah gol pertama tercipta Belanda terus bombardir pertahanan Ukraina dan berhasil menggandakan kedudukan di menit ke-58 lewat tembakan Weghorst yabg sukses melewati kiper Ukraina.

Ketinggalan dua gol tampaknya tak membuat Ukraina menyerah. akhirnya Ukraina mampu memperkecil kekalahan pada menit ke-75 lewat Andriy Yarmolenko yang mampu mengkonversi umpan dari Roman Yaremchuk.

Pertandingan menjadi sangat menarik, Ukraina mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-79. Setelah memberi asis, kali ini Yaremchuk menorehkan namaya di papan skor yang memanfaatkan umpan dari tendangan bebas yang dilakukan Ruslan Malinovskiy.

Tim asuhan Frank De Boer kembali unggul berkat aksi Dumfries pada menit ke-85 yang memanfaatkan umpan terobosan Nathan Ake. Skor pun kembali berubah menjadi 3-2 untuk keuanggulan Belanda.

Wasit memberikan waktu tambahan sebanyak empat menit namun hingga wasit meniup peluit panjang skor 3-2 tidak berubah. Dengan kemenangan ini membuat Belanda memperoleh riga poin.

Susunan Pemain

Belanda (3-5-2): Maarten Stekelenburg; Jurrien Timber, Stefan de Vrij, Daley Blind, Denzel Dumfries, Maarten de Roon, Georginio Wijnaldum, Frenkie de Jong, Patrick van Aanholt, Wout Weghorst, Memphis Depay.

Ukraina (4-3-3): Georgi Bushchan; Oleksandr Karavaev, Illia Zabarnyi, Mykola Matvyenko, Vitalii Mykolenko; Ruslan Malinovskiy, Serhiy Sydorchuk, Oleksandr Zinchenko; Andriy Yarmolenko, Roman Yaremchuk, Olekasandr Zubkov.

Penulis : FA | YES