IBC, JAKARTA – Gol tunggal Raheem Sterling antar Timnas Inggris menang tipis 1-0 atas Kroasia di Grup D Euro 2020 di Stadion Wembley, Minggu (13/6/2021) malam WIB.

Inggris berusaha tampil menggebrak begitu babak pertama dimulai dan Kroasia juga memberikan perlawanan yang berarti.

Pada menit kelima, Inggris mendapat peluang emas melalui Foden namun bola tendangannya hanya membentur tiang saja.

Tak banyak peluang yabg terjadi dari kedua tim membuat babak pertama pun berakhir menjemukan. Tak ada gol sama sekali sampai turun minum.

Paska turun minum babak oertama, Kroasia berinisiatif untuk menekan lebih dahulu namun0 masih belum bisa memberikan ancaman yang berarti bagi Inggris.

Justru Inggris yang bisa mencetak gol lebih dulu yakni di menit ke-57 melalui Raheem Sterling yang memanfaatkan umpan ciamik dari Phillips.

Setelah menerima umpan dari tengah kotak penalti, Sterling melepaskan tendangan pertama dan sukses menaklukkan Livakovic skor pun berubah 1-0.

Setelah itu Kroasia bermain lebih agresif. Mereka ingin menyamakan kedudukan. Perubahan taktik juga mereka lakukan.

Kroasia memang terus menekan pertahanan Inggris namun kesulitan untuk bisa menciptakan peluang di depan kotak penalti Inggris.

Pada akhirnya, Kroasia tak bisa mencetak gol balasan sampai laga berakhir. Inggris pun meraih kemenangan perdana di Euro 2020

Susunan Pemain

Inggris (4-2-3-1): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Tyrone Mings, Kieran Trippier; Kalvin Phillips, Beras Declan; Phil Foden, Mason Mount, Raheem Sterling; Harry Kane (c).

Pelatih: Gareth Southgate

Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic; Sime Vrsaljko, Domagoj Vida, Duje Caleta-Car, Josko Gvardiol; Luka Modric (c). Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic; Andrej Kramaric, Ante Rebic, Ivan Perisic.

Pelatih: Zlatko Dalic

Penulis : FA | YES