IBC, TALIABU – Sebanyak 37 jemaah haji asal Pulau Taliabu, Maluku Utara, batal diberangkatkan tahun ini.

Seperti diketahui pembatalan tersebut, berdasarkan dengan keputusan Menteri Agama RI Nomor 660 tahun 2021, tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 1442 H/2021 M.

Sementara itu, dari jumlah keseluruhan, terdapat 1 (satu) calon jamaah haji yang lanjut usia (lansia), yakni Waiba Lafusa Lambuleku (90) asal Desa Ledek, Taliabu Utara, Pulau Taliabu.

Baca juga: Tahun 2021 Jemaah Haji Batal Berangkat, BPKH: Dana Haji Aman

Kabarnya, para jamaah haji asal Taliabu itu telah mendaftarkan diri sejak 7 tahun silam.

Kasi Haji dan Bimas Islam, Kemenag Pulau Taliabu, Sugiyanto J. Muhdin, mengatakan, pembatalan haji merupakan kebijakan nasional.

“Alasan yang penting dari pembatalan jamaah haji ini adalah masalah wabah covid-19, hal itu untuk keselamatan dan kenyamanan jamaah,” tutur Sugiyanto kepada IBC, Senin (14/6/2021).

Baca juga: Pemerintah Tidak Berangkatkan Jemaah Haji Tahun Ini

Selain itu, Sugiyanto menyampaikan, untuk dana haji bisa ditarik kembali.

“Kalau dana pendaftaran atau setoran awal itu Rp25 juta, itu tetap tidak bisa ditarik, yang bisa ditarik adalah biaya pelunasan berkisar Rp14 jutaan, kapan-kapan saja bisa dikembalikan,” katanya.

Sehingganya, dalam waktu dekat pihak Kemenag Taliabu bakal mensosialisasikan pembatalan tersebut kepada seluruh jamaah haji.

Penulis : HVD | YES