IBC, TALIABU – Sejak diresmikan 2018, kantor Pengadilan Negeri (PN) kelas II Bobong, masih menggunakan fasilitas perkantoran milik Pemerintah Daerah (Pemda) Taliabu, Maluku Utara.

Padahal, terkait penyediaan lahan hibah untuk pembangunan kantor PN Bobong telah dijanjikan oleh Pemda setempat, namun belum juga terealisasi.

Sebelumnya, Pemda melalui DPUPR Taliabu, menyampaikan bahwa, kendala pembangunan kantor tersebut, lantaran harga yang dipatok pemilik lahan tidak sesuai dengan penawaran dari tim Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP).

Plh. Ketua Pengadilan Negeri Bobong, Willy Marsaor mengakui janji yang disampaikan Pemda tersebut belum terpenuhi.

“Pemerintah Daerah sendiri, dalam hal ini telah menjanjikan tanah yang rencananya akan dihibahkan bagi Pengadilan Negeri Bobong sejak berdiri, namun sampai saat ini belum juga terealisasi,” kata Willy kepada wartawan, Selasa (15/6/2021).

Padahal, kata Willy, Pengadilan Negeri Bobong telah melakukan perencanaan dan siap untuk melaksanakan pembangunan gedung kantor seperti layaknya sebuah pengadilan.

“Karena standar gedung pengadilan telah diatur pula oleh Mahkamah Agung tentang prototype pengadilan, apabila hibah dari Pemda telah terlaksana,” ucapnya.

Penulis : HVD | YES