IBC, JAKARTA – Portugal tampil meyakinkan setelah taklukkan Honggaria dengan skor telak 3-0 pada pertandingan pertama di Grup F Euro 2020 di Puskas Arena, Budapest, Selasa (15/6/2021) malam WIB.

Gol-gol dari Portugal dicetak oleh Raphael Guerreiro dan dua gol dari sang kapten Cristiano Ronaldo.

Duel kedua tim pada babak oertama langsung berlangsung dengan tempo cukup tinggi dan terbuka dengan bergantian menyerang.

Namun peluang pertama didapat oleh Portugal melalui sepakan Diogo Jota pada menit kelima namun tendangan kaki kirinya dari dalam kotak penalti masih bisa ditepis oleh Gulacsi.

Ronaldo mendapat peluang pada menit ke-30 melalui tandukkannya dengan memanfaatkan umpan Silva namun sayang sundulannya masih melebar dari gawang.

Selang tujuh menit kali ini giliran Honggaria mendapatkan manis melalui kepala Szalai yang mengkonversi umpan tendangan bebas Schafer sayang bola hasil sundulannya masih bisa diantisipasi Patricio.

Pada menit ke-40, Jota kembali mendapat peluang lagi di kotak penalti, mampu mengecoh Szalai dengan gerakan berputar dan menendang bola. Tembakannya mengarah tepat ke arah Gulacsi.

Berbagai peluang tercipta pada menit akhir namun hingga berakhirnya pertandingan babak pertama belum ada gol tercipta membuat hasil imbang menutup babak ini.

Pada menit awal babak kedua Portugal mendapatkan peluang emas tepatnya di menit 47 melalui tandukan Pepe yang memanfaatkan umpan sepak pojok Bruno Fernandes sayang bola masih bisa ditepis oleh Gulacsi.

Pertandingan bertamabh menarik dan kedua tim masing-masing mendapat peluang manus.

Pada menit ke-57 Hungaria yang mendapat peluang melalui serangan balik. Sallai melepaskan tendangan pertama kali. Namun bola masih bisa ditepis Patricio.

Di menit ke-68, giliran Portugal mendapat peluang lagi melalui Fernandes sayang tendangannya dari jarak jauh masih bisa ditepis oleh Gulacsi.

Melalui serangan balik pada menit ke-80 Hungaria menghasilkan gol melalui tendangan kaki kiri pemain pengganti, Schon. Golnya dianulir wasit karena sebelumnya ia sudah berada dalam posisi offside.

Akhirnya gol pun tercipta untuk Portugal pada menit ke-85 lewat Guerreiro melepaskan tendangan dengan kaki kiri dari ujung kotak penalti. Bola hasil tendangannya mengenai pemain lawan dan berbelok arah dan skor pun berubah 1-0 .

Tak beeselang lama CR7 menggandakan kemenangan melalui titik putih, berawal pelanggaran yang dilakukan Orban melanggar Rafa Silva.

Ronaldo kembali mengukir namanya di papan skor pada menit ke-92 setelah bermain satu dua dengan Rafa dengan sedikit mengecoh kiper ia mampu menceploskan bola ke dalam gawang.

Gol kedua dari Ronaldo jadi penutup pertandingan dengan kemenangan 3-0 membuat Portugal memperoleh tiga poin di pertandingan pertamanya.

Susunan Pemain

Hungaria (3-5-2): Peter Gulacsi; Endre Botka, Willi Orban, Attila Szalai; Gergo Lovrencsics, Laszio Kleinheisler, Adam Nagy, Andras Schafer, Atilla Fiola; Adam Szalai, Roland Sallai.

Pelatih: Marco Rossi

Portugal (4-2-3-1): Rui Patricio; Nelson Semedo, Ruben Dias, Pepe, Raphael Guerreiro; William Carvalho, Danilo Pereira; Bernardo Silva, Bruno Fernandes, Diogo Jota; Cristiano Ronaldo.

Pelatih: Fernando Santos.

Penulis : FA | YES