IBC, TALIABU – Kepala Pos Pelabuhan Taliabu, Haryanto Umalekhoa, mengungkapkan, pihaknya bakal memperketat pintu masuk pelabuhan.

Pengetatan itu berkaitan dengan validasi data para penumpang saat tiba di Taliabu.

“Iya, kita akan periksa khusus data para penumpang terkait perjalanan dari luar daerah ke Taliabu,” kata Haryanto kepada wartawan, Rabu (23/6/2021).

Menurutnya, para penumpang dari luar Provinsi Maluku Utara, seharusnya terlebih dahulu melengkapi persyaratan rapid test antigen dari pelabuhan asal.

Begitu juga, kata Haryanto, penumpang dari Taliabu yang ingin ke luar daerah diwajibkan selesaikan dokumen rapid test tersebut. Hal itu untuk menekan penyebaran pandemi Covid-19.

“Kami berkewajiban memeriksa seluruh persyaratan pelaku perjalanan ke luar daerah. Yang kami lakukan sesuai validasi data penumpang, dan dari pihak kami sekali lagi tidak dapat memastikan soal rapid test swab seluruh penumpang, karena terbatasnya kewenangan,” ujar Haryanto.

Untuk itu, Haryanto berharap agar adanya kerjasama antara pihak pos Pelabuhan dan Pemerintah setempat.

“Dalam hal ini kami minta kepada pemerintah daerah untuk dapat membantu kani untuk pemeriksaan penumpang yang datang dari luar provinsi,” pintanya.

Penulis : HVD | YES