IBC, JAKARTA – Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Perkumpulan pengacara islam dan penasehat hukum islam Indonesia (PPIPHII) secara resmi melantik advokat baru.

Roadshow Pelantikan dan Pengambilan Sumpah ini diawali dengan melantik dan mengambil Sumpah Advokat di wilayah Pengadilan Tinggi Jakarta, Kamis (24/6/2021).

Pertama, advokat dilantik oleh Perkumpulan Pengacara Islam dan penasehat hukum Islam Indonesia (PPIPHII) selanjutnya diambil sumpah oleh Pengadilan Tinggi Jakarta.

Mereka yang dilantik dan disumpah adalah lulusan ujian profesi advokat (UPA) yang digelar oleh Perkumpulan pengacara islam dan penasehat hukum islam Indonesia (PPIPHII). Acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Advokat Perkumpulan Pengacara Islam dan Penasehat Hukum Islam Indonesia (PPIPHII) Angkatan Kedua ini dilakukan di Pengadilan Tinggi Jakarta pada Kamis 24 Juni 2021 dengan tetap mengutamakan Protokol Kesehatan, Swab Antigen guna mencegah penyebaran Covid-19.

Acara dihadiri Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta, H Sunaryo, Perkumpulan Pengacara Islam dan Penasehat Hukum Islam Indonesia (PPIPHII) Ketua Umum Sriyanto, Sekjen M.Anwar dan para pejabat terkait.

Sriyanto mengatakan pelantikan dan pengambilan Sumpah Advokat dilaksanakan sesuai dengan amanat Undang-Undang Advokat Nomor 18 Tahun 2003.

“Pelantikan kali ini merupakan pelantikan kedua yang dilakukan Perkumpulan Pengacara Islam dan Penasehat Hukum Islam Indonesia (PPIPHII),” ujarnya kepada wartawan.

Para Advokat yang dilantik dan disumpah merupakan lulusan dari UPA tahap II yang digelar Perkumpulan pengacara islam dan penasehat hukum islam Indonesia (PPIPHII), Pada UPA tahap II, Perkumpulan Pengacara Islam dan Penasehat Hukum Islam Indonesia (PPIPHII) meluluskan lebih dari 100 calon advokat.

“Mereka berhak dilantik dan mengambil sumpah advokat dan kemudian sudah bisa langsung untuk terjun ke dunia advokat dan menangani perkara,” tutur Sriyanto.

Selanjutnya Sriyanto menegaskan sebelum dilantik, para Calon Advokat ini menandatangani Fakta Integritas dan harus memenuhi standar yang ditetapkan oleh Perkumpulan pengacara islam dan penasehat hukum islam Indonesia (PPIPHII). Ini menjadi penting guna melahirkan advokat yang berkualitas, profesional, berintegritas, serta memiliki keahlian teknis hukum dan mematuhi kode etik Advokat Indonesia.

“Kami berharap mereka yang lulus menjadi advokat memiliki kemampuan beradaptasi selain memiliki kredibilitas dan integritas,” tegasnya.

Menurutnya, hal tersebut juga yang menjadi alasan berdirinya Perkumpulan Pengacara Islam dan Penasehat Hukum Islam Indonesia (PPIPHII), yaitu ingin menjaga kualitas rekrutmen calon-calon advokat di Indonesia sekaligus ingin menjadi organisasi advokat yang melayani dan mengayomi anggotanya di seluruh Indonesia.

Sementara itu Sekjen PPIPHII, Muhamad Anwar mengatakan advokat maupun organisasi advokat yang tidak dapat mengikuti perkembangan zaman dan teknologi serta tidak bisa mengayomi dan melayani serta memfasilitasi anggotanya maka secara alami akan ditinggalkan oleh anggotanya.

“Perkumpulan pengacara islam dan penasehat hukum islam Indonesia (PPIPHII) berusaha untuk menjadi yang terdepan dalam mengikuti perkembangan zaman dan dalam rangka mengayomi dan melayani serta memfasilitasi anggotanya, kami akan segera meluncurkan LBH PPIPHII sebagai sarana pembelajaran dan magang bagi para calon advokat,” kata Muhamad Anwar.

Dia menambahkan, untuk terus melahirkan advokat berkualitas, Perkumpulan Pengacara Islam dan Penasehat Hukum Islam Indonesia (PPIPHII) akan kembali menggelar PKPA dan UPA tahap ketiga yang akan dilaksanakan pada 1Juli 2021 dan informasi lengkap dapat Hubungi Contac Person : 082211523896 M.Anwar, SH selaku Sekjen

Perkumpulan Pengacara Islam dan Penasehat Hukum Islam Indonesia (PPIPHII) merupakan organisasi advokat yang didirikan untuk berkontribusi dalam mencetak advokat andal dan berkualitas, setelah mendapat pengesahan surat keputusan pendirian dari Kementerian Hukum dan HAM.

Pengambilan Sumpah Advokat ini dihadiri oleh Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, H Sunaryo , Pejabat dan Staff di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta , Ketua Umum Sriyanto, Sekjen M.Anwar, Wakil Sekjen Rahman Joko Purnomo, Ketua Bidang Pengembangan Organisasi dan Keanggotaan M Indra Gunawan serta para tamu undangan.

Penulis : DS |YES