IBC, JAKARTA – Pertarungan antara Wales bertemu Denmark pada babak 16 Besar Euro 2020 di Johan Cruijff Arena, Sabtu (26/6/2021) malam WIB berakhir dengan kedudukan 4-0 Tim Dinamit.

Keempat gol Denmrk dicetak oleh Kasper Dolberg pada menit ke-27, Dolberg pada menit ke-48, Joakim Maehle pada menit ke-88, dan Martin Braithwaite pada tambahan waktu.

Wales memulai laga dengan cukup bagus, pada menit ke-5, Daniel James mengirim umpan untuk Chris Mepham yang nyaris menjadi gol.

Pada menit ke-12, Gereth Bale mempunyai peluang sayang tembakannya tidak tepat sasaran. 

Walau terus ditekan namun Denmark unggul lebih dulu pada menit ke-27 melalui Kasper Dolberg mencetak gol dari sepakan luar kotak penalti yang memanfaatkan umpan Mikel Damsgaard.

Setelah mencetak gol, Denmark berada di atas angin. Pada menit ke-32, Damsgaard hampir membawa Denmark unggul 2-0 jika tendangan yang dilepasnya tidak digagalkan Danny Ward.

Wales mendapat kabar buruk pada menit ke-42. Connor Roberts mengalami cedera dan tidak bisa melanjutkan laga. Posisinya lalu digantikan Neco Williams.

Wales tidak mampu mengubah kedudukan hingga babak pertama usai dan skor pun tetap 1-0 untuk Denmark.

Berbeda dengan babak pertama, Denmark mengambil inisiatif menyerang di awal babak kedua. Hasilnya pun gemilang. Dolberg mencetak gol pada menit ke-48. Pemain 23 tahun menyambar bola muntah di dalam kotak penalti.

Denmark kemudian bermain aman. Mengandalkan Andreas Christensen di lini belakang, mereka membiarkan Wales menguasai bola tapi hanya di lini tengah. tujuan Denmark melakukan serangan balik.

Pemain pengganti Mathias Jensen hampir membawa Denmark unggul 3-0 pada menit ke-63. Namun, peluang yang didapat hanya mengenai tiang gawang.

Wales memberi perlawanan sengit. Hanya saja, Gareth Bale maupun Aaron Ramsey kesulitan mendapat celah di pertahanan Denmark.

Joakim Maehle mencetak gol ketiga Denmark pada menit ke-88 yang memanfaatkan umpan Jensen dengan sedikit menekuk bola dan mengelabui emain belakang Wales, akhirnya bola meluncur ke gawang melalui tendangan kaki kirinya.

Tapi, laga belum usai. Martin Braithwaite menutup pesta Denmark lewat golnya pada 90+4. Golnya in8 sempat dianulir wasit karen dinyatakan offside namun setelah melihat VAR akhirnya golnya disahkan wasit.

Denmark menjadi tim pertama yang lolos ke perempat final Euro 2020. Tim pelatih Kasper Hjulmand itu akan bertemu pemenang duel Belanda melawan Republik Ceko yang digelar pada Minggu (27/6/2021) malam WIB.

Susunan Pemain

Wales (4-2-3-1): Danny Ward; Connor Roberts [42′ Williams], Chris Mepham, Joe Rodon, Ben Davies; Joe Morrell [60′ Wilson], Joe Allen; Gareth Bale, Aaron Ramsey, Daniel James [78′ Brooks]; Kieffer Moore [78′ Robert].

Denmark (3-4-3): Kasper Schmeichel; Andreas Christensen, Simon Kjaer, Jannik Vestergaard; Jens Stryger Larsen [77′ Boilesen], Pierre-Emile Hojbjerg, Thomas Delaney [60′ Jensen], Joakim Maehle; Martin Braithwaite, Mikkel Damsgaard [60′ Nogaard], Kasper Dolberg [70′ Cornelius].

Penulis : FA | YES