IBC, TALIABU – Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Sekertaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur (BKPSDMA) Taliabu, Surati Kene, angkat bicara soal tenaga honorer.

Surati mengatakan, sejak tahun 2010, di seluruh Indonesia tidak ada lagi tenaga honorer alias dihapus.

“Cuma di Taliabu ini, kalau mau bilang kita sangat baik, jadi Taliabu ini sudah ambil kebijakan. Itupun kita sudah salah, cuma karena kebutuhan beban kerja disetiap OPD itu berkurang,” ungkap Surati Kene kepada wartawan, Senin (28/6/2021) diruang kantornya.

Tanpa terkecuali, sebanyak 268 tenaga honorer yang masih aktif dibutuhkan pada 7 OPD, yaitu Satpol-PP – Damkar, Disdukcapil, RSUD, BPKAD, Bagian Umum, Dinkes dan BKPSDMA pulau Taliabu.

Hal ini sontak disampaikan untuk menjawab penasaran dari setiap tenaga honorer yang saat ini dirumahkan sejak awal 2021.

Padahal, tenaga honorer yang dirumahkan tersebut, baru-baru ini telah dijanjikan bakal diaktifkan awal Mei, namun hal itu belum ada kepastian hingga sekarang.

Menurutnya, beberapa tahun terakhir ini, Pemda Taliabu membutuhkan tenaga honorer akibat dari kekurangan tenaga Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Satu Kabupaten/Kota itu pegawainya harus 5 ribu, sedangkan Taliabu ini baru seribu empat belas PNS,” ujar Surati.

Sementara itu, diingatkan juga bahwa, honorer bukan merupakan tenaga tetap.

“Honorer itu mereka tidak punya hak paten bahwa mereka harus diangkat terus. Honorer itu setiap tahun ada SK yang keluar, baik dari OPD maupun Pemerintah sendiri secara kolektif,” jelasnya.

Sekedar diinformasikan, tenaga honorer di pemerintah pusat akan dihapus pada 2023. Kebijakan itu mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2019, dimana tenaga honorer diberi masa transisi selama 5 tahun terhitung sejak 2018 hingga 2023 mendatang.

Hal tersebut juga dipertegas oleh Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo, tahun 2020 kemarin.

Meski begitu, Pemerintah pusat mempersilahkan untuk Pemerintah Daerah agar tetap menambah tenaga honorer jika dibutuhkan, terkhusus untuk tenaga guru dan kesehatan.

Penulis : HVD | YES