IBC, TALIABU – Satu petugas yang bekerja dikawasan pelabuhan Tamping, Kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara terpapar Covid-19.

Hal itu diketahui, setelah tim relawan Covid-19 melakukan swab antigen kepada seluruh pekerja di pelabuhan sekitar, Jum’at (2/7/2021).

Koordinator Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pulau Taliabu, Haryanto Umalekhoa, menyatakan penyebaran corona di area setempat perlu diwaspadai.

“Dari satu kasus yang kami temukan hari ini, membuktikan di wilayah pelabuhan Tamping itu tidak lagi ber-zona hijau. Karena itu, penting sekali bagi pelaku perjalanan ke luar daerah maupun dari luar ke dalam Taliabu harus diperiksa ketat, takutnya akan berimbas ke lainnya,” ungkap Anto, sapaan akrabnya kepada wartawan, Sabtu (3/7/2021).

Menurutnya, langkah pencegahan untuk menekan penyebaran virus corona adalah mengadakan posko relawan dari tim COVID-19 di pelabuhan.

“Iya tentunya harus kami bekerjasama dengan Pemerintah Daerah, untuk menyiapkan kelengkapan fasilitas yang memadai penanganan Covid secara maksimal,” tutup Anto.

Penulis : HVD | YES