IBC, TALIABU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pulau Taliabu, mencatat hingga Juli 2021, sebanyak 62 kasus terkonfirmasi, 3 (tiga) kasus aktif, 39 sembuh dan nihil kematian akibat Covid-19 di Taliabu, Maluku Utara.

Data itu membuktikan meningkatnya kasus corona di Pulau Taliabu, dari jumlah 15 kasus sebelumnya pada tahun 2020 lalu.

Kepala Dinas (Kadinkes) Pulau Taliabu, Kuraisiyah Marasaoli, mengatakan dari jumlah lonjakan tersebut pentingnya untuk menaati prokes covid.

Kuraisiyah bilang, salah satunya adalah dampak dari mudik lebaran serta arus balik pasca hari raya bulan sebelumnya.

“Iya karena mudik kemarin sehingga warga yang masuk keluar tanpa terkontrol secara maksimal,” ucap Kuraisiyah, Selasa (6/7/2021).

Vaksinasi Massal

Untuk menangkal wabah covid, Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu, memprogramkan vaksinasi massal ditiap-tiap Puskesmas.

“Pelaksanaan vaksinasi massal dan swab antigen kami canangkan secara gratis, itu merupakan upaya membentuk imun sebagai kekebalan tubuh,” tutur Kuraisiyah.

Meski begitu, penyuntikan vaksinasi massal diberikan berdasarkan klasifikasi dari segi usia hingga ketentuan lainnya.

Untuk itu, Dinas Kesehatan Pulau Taliabu melakukan sejumlah langkah dalam menerapkan vaksinasi di Desa se-Taliabu. Satu di antaranya adalah terjun ke tiap-tiap Desa dengan melakukan sosialisasi program vaksin disertai menyalurkan tambahan bantuan berupa paket protokol kesehatan.

Pentingnya Dukungan Pemerintah Desa (Pemdes) terkait Vaksinasi

Merujuk pada program kerja 100 hari Bupati Pulau Taliabu, jajaran pemerintahan hingga ke tingkat Desa sangat diperlukan.

Untuk itu, dalam membangun opini positif (positive opinion) ke warga, Kepala Desa harus menjadi pelopor vaksinasi di Desa nya.

“Kenapa Kepala Desa harus yang pertama divaksin, yang pertama karena dia merupakan pejabat di Desa bagian dari pemerintah, yang kedua pejabat diperintahkan untuk vaksin, jadi Kades sangat penting untuk mendorong vaksinasi secara keseluruhan,” ujar Kuraisiyah.

Merespon pernyataan Dinkes Taliabu, Kepala Desa Onemay, Abdul Gani, mengaku seluruh perangkat Desa telah divaksinasi.

“Sampai saat ini saya selaku Kades dan aparat Desa lainnya alhamdulillah sudah divaksin, termasuk ada beberapa warga juga telah divaksin,” kata Gani kepada wartawan, usai mengikuti sosialisasi vaksinasi bersama Dinkes Taliabu di kantor Desa Onemay, Selasa (6/7/2021).

Gani menyebutkan, sejauh ini pihaknya telah menginformasikan kepada warga soal pentingnya vaksinasi.

Selain Desa Onemay, sejumlah aparat Desa yang tersebar di Kecamatan Taliabu Barat Laut, Pulau Taliabu, juga telah mengikuti vaksinasi covid-19.

Penulis : HVD | YES