IBC, KEPSUL –bPemerintah Daerah (Pemda)  berkomitmen memeberi perhatian serius dengan memperbaiki dunia pendidikan Kepulauan Sula untuk mewujudkan visi misi Sula Bahagia.

Setelah dilantik pada 04 Juni 2021 Bupati Kepulauan Sula H Fifian Adeningsi Mus dan H Saleh Marasabessi berkomitmen memberikan perhatian penuh terhadap perubahan dunia pendidikan di Kepulauan Sula, Maluku Utara.

Hal ini disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kepulauan Sula Rifai Haitami, saat meresmikan Sekolah Usia Dini di desa Jere Kecamatan Mangole Tengah, Kamis,(8/7/2021).

“Sejak saya dilantik sebagai Plt.Kepala Dinas Pendidikan oleh Bupati Kepulauan Sula pada tanggal 08 Juni 2021 telah diperintahkan untuk melakukan evaluasi sekolah-sekolah dan lakukan perbaikan kinerja guru karna sesuai program Bupati Sula Canangkan program satu desa satu TK dan Satu Paud,” jelasnya.

Komitmen tersebut sudah dibuktikan dalam  satu bulan menjabat sebagai Plt. kepala Dinas Pendidikan Kepulauan Sula Rifai sudah meresmikan beberapa Sekolah Usia Dini di beberapa Desa

“Satu bulan menjabat saya sudah meresmikan beberapa Sekolah Usia Dini di beberapa Desa, karena pendidikan anak usia dini merupakan upaya yang ditujukan pada anak usia 0 sampai 6 tahun yang dilakukan untuk memberi rangsangan pendidikan guna membantu pertumbuhan jasmani dan rohani, agar anak memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan lebih lanjut dan kedepan saya berupaya Untuk menyiapkan tenaga pendidik yang profesional sehingga hal ini menjadi seimbang,” imbuh Rifai.

Sesuai data, Sekolah PAUD kini sudah mencapai 150 lembaga, terdiri dari layanan TK yang melayani anak usia 4-6 tahun sebanyak 78 lembaga. Sedangkan, layanan lembaga kelompok bermain yang melayani anak usia 2-4 tahun sebanyak 71 dan  layanan satuan PAUD sejenis (SPS) yang juga melayani anak usia 2-4 tahun dalam bentuk program berbasis Gereja dan Masjid sampai saat ini baru satu lembaga yang berada di Desa Lekokadai Kecamatan Mangoli Barat.

Penulis : Sarif | YES