IBC, JAKARTA – Ekonom senior Rizal Ramli (RR) mengusulkan berbagai langkah untuk menghadapi lonjakan Covid-19 yang terjadi lagi belakangan ini.

Salah satunya, Rizal Ramli usul pakai seluruh gedung DPR di Indonesia untuk perawatan pasien Covid-19. Dirinya juga mengusulkan kondisi kacau ini ya langkahnya lockdown saja. Setuju nggak kamu?

RR menyampaikan saran tersebut dalam wawancara yang disiarkan tvOne. Nah selain soal penggunaan gedung pemerintah atau gedung wakil rakyat untuk perawatan pasien Covid-19, Rizal juga meminta agar anggaran vaksinasi itu ditingkatkan lagi dong.

Lockdown dan pakai gedung DPR

Dalam cuitannya RR menyampaikan 4 usulan untuk menghadapi lonjakan kasus Covid-19. Menurutnya pemerintah harus melakukan langkah-langkah salah satunya adalah lockdown.

Rizal mengatakan pertama yang mesti dilakukan pemerintah adalah lockdown 1-2 bulan. Konsekuensi dari lockdown, maka pemerintah mesti menjamin kebutuhan dasar masyarakat selama lockdown dan berbulan berikutnya.

“SARAN RIZAL RAMLI HADAPI LONJAKAN COVID-19. 1. Lockdown 1-2 bulan 2. Jamin makanan dan obat-obatan untuk Rakyat selama 2-4 bulan 3. Tingkatkan vaksinasi hingga 3 kali lipat 4. Gunakan gedung DPR/DPRD seluruh Indonesia untuk perawatan pasien covid-19,” tulis Rizal Ramli dalam cuitannya dikutip Jumat (9/7/2021).

Apakah kamu setuju nggak dengan saran tersebut?

Soal lockdown, Rizal mengatakan itu adalah langkah yang paling mungkin untuk bisa menekan.

“Ingat kita korbannya tertinggi Se-Asia, harus lockdown. Ini nggak berani (lockdown), ganti-ganti istilah, buntutnya nanti biaya dan kematian, ya gak apa 2 bulan lockdown saja, rakyat kasih makan obat. Setelah dua bulan bisa sembuh dengan cepat, itu yang dilakukan negara lain yang berhasil tangani Covid-19,” jelasnya dikutip dari tvOne.

Nah mengenai masalah penuhnya rumah sakit, Rizal mengusulkan lebih baik pakai itu gedung DPR dan DPRD seluruh Indonesia. Daripada dipakai buat dewan, lebih baik saat ini ubah untuk merawat pasien Covid-19.

“Karena kekurangan rumah sakit, gedung DPR dipakai rawat covid daripada dipakai anggota DPR yang kerjanya cuma tidur dan yes man,” kata dia.

Jokowi contoh Ridwan Kamil

Sebelumnya Rizal Ramli menyarankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan dana infrastruktur untuk penanganan pandemi Covid-19.

Hal itu seperti yang dilakukan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yang memilih mengalihkan proyek infrastruktur untuk penanganan Covid-19.

Refocusing anggaran yang dilakukan Gubernur Ridwan Kamil merupakan contoh bagus dan patut dicontoh oleh Presiden Jokowi dan gubernur seluruh Indonesia,” ujar Rizal Ramli seperti diolah dari berbagai sumber, Senin 5 Juli 2021.

Rizal Ramli mengatakan pemerintah punya anggaran yang dialokasikan untuk infrastruktur sebesar Rp 417 triliun. Belum lagi dana Saldo Anggaran (SAL & SiLPA) yang mencapai Rp 234 triliun.

“Jangan gengsi. Gunakan uang insfrastruktur dan dana SAL & SiLPA untuk membantu kebutuhan pokok pekerja harian dan rakyat miskin,” tegasnya.

Selain itu, pemerintah pusat juga bisa melibatkan masyarakat dalam pendistribusian makanan, bukan dengan menggandeng elite dan mafia.

Penulis : DS | YES