IBC, TALIABU – Jabatan Agustinus Herimulyanto selaku pucuk pimpinan Kejari Taliabu, dikabarkan berganti.

Kini, posisi Agustinus bakal dinakhodai langsung oleh Alfred Tasik Palulungan, sebagai Kajari Taliabu. Sebagaimana keputusan Jaksa Agung RI, Nomor:KEP-IV-482/C/07/2021, tentang Pemindahan, Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan Dalam Jabatan Struktural Pegawai Negeri Sipil Kejaksaan RI.

Namun siapa sangka, agenda mutasi tersebut mencuat sebagai bahan diskusi disejumlah kalangan, baik warga, praktisi hukum hingga para aktivis di Pulau Taliabu.

Satu di antara yang merespon hal tersebut yakni, Ketua Laskar Pulau Taliabu, Risman Umaternate, kepada wartawan, Jum’at (16/7/2021).

Risman menduga, mutasi jabatan vertikal di Kejari Taliabu, Maluku Utara ini, ada relasinya dengan dugaan kasus tindak pidana korupsi pada proyek Puskesmas Sahu-Tikong, yang saat ini sudah di tahap penyidikan. Sedangkan kasus penyediaan obat-obatan sementara berada dalam proses penyelidikan.

Dari kasus tersebut sebelumnya, Kejari Taliabu telah mengumumkan tiga inisial nama yang terlibat, termasuk mengantongi keterangan dari Dinas Terkait.

Tentunya, sambung dia, ini justru mengundang kecurigaan sejumlah kalangan. Sembari memberi jempol pada kinerja Kajari Taliabu pertama yaitu, Agustinus Herimulyanto.

“Saya beri apresiasi atas kinerjanya pak Kajari Taliabu,” imbuhnya

Eks Ketua HMT cabang Ternate itu juga menyarankan kepada Kajari Taliabu yang baru, agar dapat melanjutkan pengusutan kedua kasus yang dimaksud.

“Saya minta Kepala Kejari Taliabu yang baru, dalam hal ini Pak Alfred Tasik Palulungan, agar bekerja lebih maksimal untuk mengusut tuntas kedua kasus yang ditangani Kejari Taliabu tersebut,” pinta Risman.

Penulis : HVD | YES