IBC, TALIABU – Angin topan puting beliung menghantam sejumlah bangunan, di Desa Todoli, Taliabu Utara, Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara.

Peristiwa bencana alam itu diprediksi terjadi sekira pukul 03:30 WIT, Sabtu (17/72021) dini hari.

Bukan saja angin kencang, semalam Desa Todoli ikut dihantam gelombang tinggi. Imbasnya, sebanyak 11 perahu dan mesin nelayan setempat tenggelam.

Perahu nelayan yang dihantam gelombang rusak parah, Sabtu (17/7/2021). Foto : HVD/IBC

“Ada 8 rumah yang rusak parah, yang rusak kecil banyak sekali. Para nelanyan juga kehilangan bodi (Perahu) juga ada yang hilang degan mesinnya,” ungkap Tamrin, warga Desa Todoli, kepada wartawan via messenger, Sabtu (17/7/2021).

Dalam wawancara terpisah, Kepala Desa Todoli, Ansar Abdul, membenarkan insiden tersebut. Ia mengaku, sejumlah fasilitas nelayan dan rumah warga ditimpa gelombang dan angin.

Untungnya, bencana alam yang melanda warga Todoli, tidak ada korban jiwa.

“Sejumlah rumah di hantam angin puting beliung di Desa Todoli, dan ada 3 rumah yang atap rusak total. Dan sejauh ini tidak ada korban meninggal,” kata Ansar.

Sementara itu, data warga yang terdampak, kata Ansar, bakal diteruskan ke kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pulau Taliabu untuk di inventarisasi.

“Pihak BPBD masih menunggu laporan dari Desa, kami sudah tindak lanjuti,” tuturnya sembari menyentil kerugian pada insiden itu belum dapat diperkirakan.

Penulis : HVD | YES