IBC, TALIABU – Dalam waktu dekat, Bupati Pulau Taliabu, Aliong Mus, bakal mengevaluasi kinerja Kepala Desa (Kades) se-Taliabu.

“Tiga hari setelah lebaran, saya akan membuat pertemuan dengan semua Kades 71 Desa di Pulau Taliabu untuk lakukan evaluasi,” kata Bupati dua Periode itu, Minggu (18/7/2021).

Orang nomor satu di Taliabu itu mengaku, sebab saat ini, dirinya sering mendengar keluhan para Kades melalui media sosial.

“Keluhan Kades ini, saya hanya dengar dari media saja, jadi pertemuan nanti, saya akan tanyakan langsung (Keluhan mereka),” ujar Aliong.

Menurutnya, berdasarkan perkembangan laporan dari warga, kinerja Kades terkesan pincang.

“Saya dengar banyak Kades sering ke Kaffe. Jadi saya peringatkan para Kades hati-hati, karena saya tidak lagi berkompromi dengan Kades, kalau salah saya akan berhentikan,” tegas Ketua DPD II Golkar Taliabu itu.

Tambahan informasi, hingga kini terhitung sebanyak tiga Kepala Desa yang dinyatakan berhenti sementara, diantaranya Kepala Desa Nggoli, Jorjoga dan Hai. Menyusul 4 jabatan Kepala Desa yang diberi peringatan, yakni Kepala Desa Mintun, Nunca, Padang dan Air Bulan, Kecamatan Taliabu Utara, Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara.

Penulis : HVD | YES