IBC, TALIABU – Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Taliabu, menggelar kegiatan sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Bupati Taliabu, sekira pukul 09:30 WIT, Jum’at (23/7/2021), yang menggandeng pihak Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Taliabu, Maluku Utara.

Agenda tersebut di pesertai khusus untuk Kepala Desa dan Perangkat Desa se-Taliabu.

Dalam pemaparan, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Taliabu, Kuraisiyah Marasaoli, menyampaikan kegiatan tersebut dilakukan sebagai materi plus ke aparatur Desa.

“Dinas Kesehatan melakukan sosialisasi kepada aparatur Desa terkait aturan BPJS untuk aparatur Desa. Kegiatan ini untuk menambah pengetahuan Kepala Desa dan mendorong peningkatan kepesertaan BPJS,” kata Kuraisiyah menjelaskan.

Selain itu, Kuraisiyah berharap kedepan kegiatan tersebut dapat merangsang kepedulian aparatur Desa kepada warganya masing-masing.

Peserta Sosialisasi JKN-KIS di Aula Kantor Bupati Pulau Taliabu, di antaranya gabungan dari Kepala Pemerintah Kecamatan, Kepala Desa serta Perangkat Desa se-Taliabu, Jum’at (23/7/2021). Foto: HVD/IBC

Sementara itu, Kepala BPJS Taliabu, Rosita Umagapi mengatakan, giat sosialisasi itu merupakan terobosan dari rapat bersama Bupati, Aliong Mus sebelumya.

“Kegiatan ini lanjutan dari pertemuan Bupati bersama BPJS, Dinas Sosial, Dinas Capil, DPMD dan Dinkes Taliabu,” ucapnya.

Tujuannya, untuk sosialisasi prosedur pendaftaran aparat Desa dan masyarakat Taliabu yang tidak mampu untuk didaftarkan ke bantuan Pemerintah Pusat.

“Agar masuk sebagai peserta JKN-KIS yang iurannya dibayar langsung oleh Pemerintah Pusat,” terangnya.

Perlu diketahui, tujuan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sendiri merupakan sebuah program jaminan sosial dari negara sebagai upaya meringankan beban finansial kepada warga hingga ke pelosok Desa.

Sementara Kartu Indonesia Pintar yang disingkat KIS adalah kode atau tanda selaku peserta pada program JKN, yang dikeluarkan oleh BPJS Kesehatan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara komprehensif terhadap fasilitas lewat sistem rujukan berjenjang.

Penulis : HVD | YES