IBC, KEDIRI – Pandemi Covid-19 yang terus berkepanjangan ini membuat Pemerintah kalang kabut dan masyarakat panik dengan situasi ini.

“Saat ini pemerintah sendiri kalang kabut menghadapi situasi pandemi yang gak kelar-kelar. Masyarakat panik dengan situasi,sehingga kepedulian terhadap yang lain nyaris tidak ada,” ujar Koordinator Relawan Kediri Peduli Dendik Rulianto kepada IBC melalui keterangan tertulis yang diterima IBC, Minggu (35/7/2021).

Dendik mengatakan banyak sekali warga yang menjalankan isolasi mandiri (isoman) belum mendapatkan bantuan dari pemerintah.

“Nah dari penemuan kami dan kawan-kawan banyak sekali saat ini warga yang isoman akan tetapi mereka belum mendapat bantuan dari pemerintah (pusat- kelurahan/ desa),bahkan banyak warga yang terpaksa harus menangani dirinya sendiri saat terpapar Covid-19,” katanya.

Dirinya menyatakan jika situasi ini terus dibiarkan berlarut akan menimbulkan konflik horisontal.

“Nah situasi ini jika dibiarkan berlarut akan menimbulkan konflik horizontal. Beranjak dari situ kami dan kawan-kawan mencoba memobilisasi warga lain untuk membantu mereka yang sedang isoman. Kuncinya saat ini untuk kita mampu bertahan dari pandemi adalah saling bersolidaritas,” tutur Dendik.

Selanjutnya Dendik mengungkapkan bantuan yang diberikan berupa bahan pangan dan makanan siap saji. Ia menambahkan kita hanya menjangkau beberapa kelurahan di Kota Kediri.

“Bahan pangan untuk sementara berupa mie, beras, telur dan juga makanan siap saji (tergantung yang nyumbang – red). Untuk sementara kita jangkau beberapa kelurahan di Kota Kediri dulu bung, terkendala budgeting ,” ungkapnya.

Sementara itu, Kordinator Kelurahan Bangsel, Yanes menjelaskan kita ini kumpulan beberapa kawan yang saling peduli.

“Kita kumpulan beberapa kawan yang saling peduli bung. Karena tagert kita ini bisa jadi inisiasi bagi yang lain dan meluas,” kata Yanes.

Yanes menyampaikan target kita saat ini diperkotaan, kalau desa lebih kondusif karena ada dana desa.

“Target kita saat ini di perkotaan bung karena kalau desa relatif lebih kondusif dengan adanya dana desa yang dialokasikan untuk penanganan pandemi,” tandasnya.

Berikut daftar kelurahan di kota Kediri yang mendapatkan bantuan dari Relawan Kediri Peduli:

  1. Kelurahan Bangsal 68 bungkus pagi dan sore.
  2. Kelurahan Pandean 40 bungkus pagi dan sore.
  3. Kelurahan Kaliombo 20 bungkus pagi dan sore
  4. Kelurahan Pesantren 30 bungkus pagi dan sore

Penulis : DS | YES