IBC, KEPSUL – Komunitas Pen Sula Diving Club (PSDC) akan melaksanakan pengibaran bendera merah putih bawah laut pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Negara Repoblik Indonesia yang ke-76 tahun 2021.

Ketua Komunitas Pen Sula Diving Club (PSDC) Arifin Yunus, menuturkan, pengibaran bendera bawah laut adalah tradisi komunitas diving seluruh Indonesia yang tiap tahun dilaksanakan untuk memperingati Hari ulang tahun Repoblik Indonesia

“Pengibaran bendera merah putih bendera bawah laut merupakan tradisi komunitas diving di seluruh Indonesia pada perayaan HUT RI ke-76, namun untuk kabupaten kepulauan Sula komunitas Pen Diving Club yang pertama kalinya dan kedepan pengibaran bendera bawah laut akan rutin di laksanakan tiap tahunnya,” ujarnya kepada IBC, Kamis (5/8/2021).

Arifin menambahkan situasi negara yang saat ini darurat dilanda bencana wabah Covid-19, pemberlakuan PPMK level 3 di kepulauan Sula diwajibkan agar masyarakat untuk melakukan pembatasan aktivitas sekalipun saat merayakan Hari Kemerdekaan RI

“Kita tahu saat ini dunia dilanda Covid-19, kabupaten Kepulauan Sula sendiri telah diterapkan PPKM level 3 karena masuk dalam katagori zona orange hal in membuat masyarakat kepulauan Sula harus merayakan hari kemerdekaannya secara terbatas,” tambahnya.

Secara terpisah, Ketua Panitia perayaan pengibaran bendera bawah laut Kamel Achmad, menyampaikan teknik pelaksanaan perayaan HUT-RI ke-76 akan dilaksanakan selama 5 hari di beberapa titik spot dan puncak perayaannya dilakukan di Pantai Pastina Jazirah.

“Untuk tehnis pelaksanaan kegiatan pengibaran bendera bawah laut oleh komunitas PSDC dalam rangka memperingati Hari kemerdekaan Negara Indonesia akan mulai dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus  pada beberapa spot, semuanya akan dilakukan pengibaran bendera namun untuk puncak perayaannya akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2021 di pantai pastina jazirah kecamatan Sanana,” imbuh Kamil.

Kamil berharap pelaksanaan pengibaran bendera bawah laut pertama kali di Sula ini semoga bisa mendongkrak semangat masyarakat bergabung bersama komunitas PSDC kepulauan Sula.

“Kami berharap agenda ini terlepas dari peringatan HUT RI ke-76, bisa mendongkrak semangat masyarakat khususnya pecinta diving,” tutupnya.

Penulis : Sarif | YES