IBC, SUMSEL – Menjelang Pemilihan Kades (Pilkades) serentak 27 November 2021 di Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Kapolsek Sungsang Kecamatan Banyuasin II Iptu Bambang Wiyono beserta jajarannya sudah melaksanakan berbagai persiapan pengamanan untuk menyukseskan Pilkades serentak di wilayah hukumnya.

Kapolsek Sungsang Kecamatan Banyuasin II Iptu Bambang Wiyono mengatakan bahwa Persiapan Polsek Sungsang untuk mengamankan Pilkades serentak 2021 yang terdiri dari 9 (sembilan ) Desa di Kecamatan Banyuasin II dan 7 (tujuh) Desa di kecamatan Karang Agung Ilir

“Menjelang pilkades serentak ini kami selalu mengajak masyarakat untuk sama-sama menciptakan suasana keamanan yang kondusif,” katanya saat diwawancara di ruangan kerjanya Polsek Sungsang Kecamatan Banyuasin II Kabupaten Banyuasin, Rabu (25/8/2021).

Bambang mengungkapkan bahwa untuk pelaksanaan Pilkades serentak di wilayah hukumnya, biasanya ada back up dari Polres Banyuasin dan Polda Sumsel dalam penambahan personil untuk pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Yang penting sekarang ini, dari sejak dini kita selalu mengimbau dan sosialisasi kepada masyarakat untuk sama-sama berpolitik dengan cara yang santun sesama calon Kades, jangan sampai terjadi gesekan-gesekan atau dari pihak yang satu dengan lainnya agar sama-sama menghargai pilihannya masing-masing,” imbuhnya.

Selanjutnya Bambang membenarkan adanya demo di kantor Camat Banyuasin II oleh masyarakat yang mengatasnamakan ketua tim pemenangan salah satu calon Kades di Desa Sungsang III terkait proses seleksi pencalonan Kades.

“Untuk proses seleksi pencalonan kadesnya masih berjalan jadi antara calon satu dengan calon yang lainnya mungkin ada selisih paham diawal ini, maka sama-sama kita luruskan jangan sampai ada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan kita siap kawal dan fasilitasi masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi yang penting masih dalam koridor yang kondusif,” ujarnya.

Terakhir Bambang menghimbau kepada masyarakat dalam Pilkades nanti agar saling menghargai terhadap pilihannya masing-masing agar tercipta keamanan yang kondusif karena keamanan lebih penting untuk roda perekonomian di Kecamatan Banyuasin II maupun Kecamatan Karang Agung Ilir.

“Disini mayoritas masyarakatnya pedagang dan nelayan, apalagi saat ini ombak laut lagi besar sehingga masyarakat nelayan tidak bisa melaut yang akan berpengaruh dengan stabilitas keamanan karena akan adanya gesekan-gesekan oleh karena itu suasana Pilkades ini jangan sampai bertambahnya gesekan-gesekan tersebut dan kepada masyarakat kita mengajak untuk sama-sama berpolitik dengan damai,” tutupnya.

Penulis : Zul | YES