IBC, SUMSEL – Pemilihan KEpala Desa (Pilkade) serentak se-Kabupaten Banyuasin dilaksanakan pada 17 November 2021, Kailani salah satu calon Kepala Desa (Kades) yang mencalonkan kembali yang sebelumnya pernah menjadi calon Kades di Desa Sungsang I Kecamatan Banyuasin II.

Kailani mengungkapkan visi misinya dalam mencalonkan diri pada Pilkades yaitu menuju Desa Sungsang I yang lebih baik dengan salah satu programnya yaitu menggerakkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Saya perhatikan bahwa desa tidak akan maju dan berkembang dengan sifat monoton yang ketergantungan dengan Dana Desa oleh karena itu saya punya tujuan untuk menggerakkan BUMDes yang tidak berjalan selama ini dengan terpilih ataupun tidak terpilih pada Pildes nanti karena majunya suatu Desa harus bergeraknya BUMDes,” katanya saat diwawancara wartawan di kediamannya Desa Sungsang I Kecamatan Banyuasin II Kabupaten Banyuasin, Kamis (26/8/2021).

Selanjutnya Kailani membeberkan bahwa BUMDes di Desa Sungsang I ada tetapi selama ini tidak berjalan atau bergerak oleh karena itu dirinya menyiasati dengan adanya uang simpan pinjam.

“Kita siap korbankan harta kita dengan memberikan atau menginpestasikan di BUMDes dengan tujuan untuk memajukan Desa Sungsang I tanpa mengharapkan imbalan keuntungan secara pribadi,” bebernya.

Kemudian Kailani menuturkan bahwa dirinya menargetkan menjadi seorang pemimpin bukan untuk mencari harta keduniawian tetapi melainkan untuk mencari amal ibadah sebanyak-banyaknya.

“Jadi biarlah harta yang saya dapat dari usaha saya akan sumbangsihkan untuk masyarakat demi majunya Desa Sungsang I,” ucapnya.

Dirinya mengatakan sebelum masuk masa kampanye yang selama ini dirinya lakukan kumpul-kumpul dengan ibu-ibu yang khusus buat kerupuk kelempang dengan memaparkan tidak banyak berjanji jika terpilih jadi Kades dan akan membuktikannya karena itu yang diinginkan masyarakat.

“Terkadang yang terjadi selama ini ketika akan mencalonkan diri sebagai kades membuat banyak janji-janji dan setelah terpilih semuanya tidak terlealisasi, oleh karena itu untuk membuktikannya sudah berjalan selama ini walaupun belum terpilih saya berikan modal pinjam sagu kepada ibu-ibu pembuat kerupuk kelempang, di Desa Sumgsang I,” kata Kailani.

Terakhir Kailani menyampaikan bahwa untuk Desa Sungsang I insyaallah akan ada perubahan jika transparannya Dana Desa dan seorang pemimpin mempunyai pemikiran, ide atau gagasan.

“Jika saya terpilih jadi Kades Desa Sungsang I Kecamatan Banyuasin II sebelum dilantik saya akan bergerak terlebih dahulu untuk menata program sesuai dengan visi misi sebelum jadi Kades sehingga setelah pelantikan program tersebut tinggal melaksanakannya saja karena sudah tertata,” tutupnya.

Penulis : Zul | YES