IBC, JAKARTA – Anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)9 DKI Jakarta Manuara Siahaan menganggap biaya penyelenggaraan Formula E bisa menelan biaya yang sangat besar.

“Jika terlaksana, PDIP memperikrakan Formula E membutuhkan biaya Rp4,487 triliun,” katanya di Gedung DPRD DKI, Selasa, (31/8)2021).

Manuara menyebut, besaran anggaran tersebut bisa dialihkan untuk program lain yang lebih bermanfaat di masa pandemi Covid-19 seperti untuk menyalurkan jutaan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Kalau angka-angka simulasi itu kita alokasikan bisa untuk 7,4 juta sembako kepada keluarga miskin. Itu selama dua bulan bisa kita suplai,” ujarnya.

Selanjutnya Manuara menyampaikan PDIP juga menghitung potensi bantuan lain yang bisa digunakan dari biaya penyelenggaraan formula E.

“Uang sebesar RP4,487 tiliun bisa untuk menyalurkan beasiswa dari jenjang SD hingga kuliah kepada 38 ribu anak didik,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan biaya Formula E bisa untuk menyalurkan stimulus untuk 3,7 juta UMKM dengan masing-masing bantuan Rp1,2 juta.

“Rp 1,2 juta itu bisa untuk tukang cendol yang sudah tidak dagang lagi, pedagang sembako yang tidak bisa berjualan bisa kita bantu, ibu-ibu yang dagang sayur kita bantu modal awalnya,” tambah Manuara.

Kalau tidak, uang penyelenggaraan Formula E juga bisa dialihkan untuk membangun 88 sekolah baru atau membangun 44 rumah sakit di Jakarta.

“Inilah nilai yang kalau kita konversi. Kalau Formula E kita realokasi, kira-kira seperti ini perbandingannya. Oleh karena itu, kami konsisten memperjuangkan uang rakyat ini supaya dialokasikan untuk rakyat yang benar-benar terdampak oleh COVID-19,” jelas Manuara.

Diketahui, Fraksi PDIP dan PSI telah melayangkan usulan hak interpelasi kepada Anies mengenai Formula E. Interpelasi adalah hak bertanya DPRD mengenai suatu program yang harus dijawab oleh Gubernur.

Namun, tak sampai di situ. DPRD masih akan menggelar rapat paripurna sebagai penentuan interpelasi bisa digelar. Agar interpelasi bisa terwujud, anggota DPRD yang hadir dalam rapat paripurna tersebut harus memenuhi kuorum 50 persen + 1 atau sebanyak 54 anggota DPRD.

Saat ini, baru ada 33 anggota DPRD dari dua fraksi yang mengusulkan interpelasi Formula E. Karenanya, PDIP dan PSI akan melobi anggota DPRD dari fraksi lain untuk ikut dalam rapat paripurna.

Penulis : FA | YES