IBC, LEBAK – Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Lebak Eka Darmana Putra mengucapkan terima kasih kepada anggota DPR RI Bukhori Yusuf, yang sudah menyuarakan ke Kementrian Sosial (Kemensos) terkait masalah warganya yaitu, Keluarga Pak Ewing dan Ibu Sunarti, Namun kata Eka Pemerintah Daerah (Pemda) Lebak pun tidak akan tinggal diam, Dinsos Lebak sudah berupaya maksimal untuk membantu.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada anggota DPR RI yang telah peduli, membantu masyarakat kami dengan menyuarakan melalui Menteri Sosial, kemudian kami pun menunggu aksi cepat dari Menteri Sosial tapi, yang jelas Pemda Lebak pun tidak akan tinggal diam, Dinsos pun sudah berupaya Maksimal untuk membantu,” terang Eka kepada awak media saat ditemui di Kantornya. Senin (6/9/2021).

Eka pun mengaku Dinsos Lebak sudah melakukan upaya maksimal untuk membantu Ewing dan anaknya, dengan melakukan beberapa langkah bantuan.

“Kita (Dinsos) atas nama Pemerintah Kabupaten Lebak, sudah berupaya maksimal, memberikan sembako, mengaktifkan BPJS mereka kembali dengan cara membayar tunggakan BPJS nya, kebetulan mereka BPJS Mandiri dan sekarang anaknya sudah dirawat di Rumah Sakit Banten, Pak Ewing sendiri sudah dirawat di Rumah Sakit Adjidarmo Lebak dan semua pembiayaannya sudah ditangani oleh Pemerintah,” jelasnya.

Dirinya pun ingin meluruskan terkait penyakit yang dialami oleh ayah dan anak itu, menurut Eka penyakit keduanya sedang di diagnosa oleh Dokter dan sampai saat ini pun belum keluar hasilnya.

“Disini saya ingin meluruskan terkait penyakit dari Pak Ewing dan anaknya, Pak Ewing itu tidak lumpuh, dia masih bisa duduk, dan kemarin sudah kita tawarkan kursi roda, namun dia tidak mau, dia maunya tongkat katanya untuk supaya dia bisa latihan jalan, dan untuk anaknya sendiri, itu kepalanya terjadi pembengkakan dan sekarang sedang menunggu hasil pemeriksaan Dokter, artinya belum tentu itu tumor,” tegasnya.

Disinggung terkait bantuan program Pemerintah, Eka pun mengaku sedang memproses agar keluarga Ewing bisa mendapatkan program-program bantuan dari Pemerintah.

“Untuk program bantuan dari Pemerintah, dia sudah dapat Bantuan Sosial Tunai (BST) sejak delapan bulan yang lalu, untuk bantuan lainnya seperti BPNT dan PKH, karna kemarin Kartu Keluarganya (KK) masih menyatu dengan orang tuanya, maka yang dapat orang tuanya, dan sekarang karna Kartu Keluarganya sudah kita pisahkan, maka sekarang dia sudah kita usulkan untuk dapat Program BPNT dan PKH,” ujarnya.

Lebih jauh Eka pun berharap dari Kemensos sendiri dapat memberikan bantuan mesin jahit karena katanya keahlian dari Ewing sendiri adalah menjahit.

“Sekarang kalau ada bantuan dari Kemensos saya sangat bersyukur, paling tidak Kemensos dapat memberikan modal, karna keahliannya menjahit, mudah-mudahan Kemensos bisa memberikan alat untuk menjahit,” harapnya.

Penulis : DS | YES