IBC, PALEMBANG – Politeknik Pariwisata Poltekpar) Palembang prakarsai dan fasilitasi sentra vaksin dosis pertama yang kerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang dan Gojek.

Kegiatan ini dihadiri Asisten Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) H Ahmad Najin bertempat di halaman Kampus Poltekpar Palembang, Rabu (8/9/2021).

Asisten III Pemprov Sumsel H Ahmad Najib mengatakan Gubernur Sumsel H Herman Deru pada saat bertemu Presiden RI berbicara langsung terkait berapa kebutuhan vaksin yang dibutuh oleh Sumsel terkait tercapainya target 70 persen masyarakat Sumsel sudah divaksin.

“Target vaksinasi 70 persen untuk seluruh masyarakat Indonesia sampai bulan Desember dan untuk provinsi kita lihat dulu bagaimana alokasi pendistribusian vaksin ke daerah yang jelas kita optimis sehingga semuanya dapat berjalan dengan baik,” katanya.

Sementara Direktur Poltekpar Palembang Zulkifli Harahap mengatakan bahwa Poltekpar Palembang memprakarsai sentra vaksin didukung oleh Dinkes Kota Palembang dan Gojek beserta Stakeholder yang ada karena Poltekpar ingin melakukan percepatan terhadap immunity masyarakat Sumsel.

“Alhamdulillah Kota Palembang sudah memasuki kedalam level 3 (tiga) dan mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini secara terus menerus kita mendapatkan herd immunity para pekerja di Kota Palembang dan Provinsi Sumsel pada umumnya sehingga Pariwisata kita bisa bergairah kembali dan pada akhirnya ekonomi Sumsel yang dihasilkan dari kontribusi pariwisata cukup maksimal,” ucap Zulkifli.

Zulkifli menuturkan bahwa dengan status level 3 untuk Kota Palembang berdampak bagi Poltekpar dimana mahasiswa bisa beraktivitas kuliah secara offline walaupun dibagi 50 persen sehingga kompetensi mahasiswa Poltekpar bisa teruji karena Poltekpar merupakan sekolah keterampilan, vokasi yang mengutamakan training dan pelatihan.

“Dengan adanya level 3 ataupun kedepan level 2, jika kita amanah terhadap Protokol Kesehatan (Prokes) yang ada, kita diuntungkan, artinya mahasiswa kita sudah bisa berlatih kembali dan lapangan pekerjaan buat mahasiswa dari sektor pariwisata terbuka dengan luas, tentunya itulah menjadi bagaimana Poltepar Palembang mencetak SDM berkualitas pariwisata yang ada di Sumsel dan Palembang khususnya,” tuturnya.

Selanjutnya Zulkifli membeberkan Poltekpar sudah mengantongi surat rekomendasi Satgas Covid Sumsel, Edwar bahwa Poltekpar sudah layak untuk melaksanakan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) secara offline dengan proses yang ketat.

“Mudah-mudahan kita tidak khawatir terjadi klaster baru lagi, karena mahasiswa yang mengikuti praktek dan Dosen yang mengajar kita lakukan swab satu minggu dua kali sehingga kita pastikan harus negatif,” ujarnya.

Terakhir Zulkifli menambahkan mahasiswa baru Poltekpar tahun akademik 2021/2022 berjumlah 320 mahasiswa dari total seluruh 1100 mahasiswa dari semua angkatan.

“320 Mahasiswa baru mendapatkan vaksin dosis pertama bersamaan dengan driver Gojek yang kita dilaksanakan hari ini,” tutupnya.

Penulis : Zul | YES