IBC, PALEMBANG – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Ramlan Holdan hadiri kegiatan pembukaan Musyawarah Wilayah (Muswil) DPW Perempuan Bangsa Sumatera Selatan di Hotel Azza Palembang, Sabtu (11/9/2021).

Ramlan mengatakan bahwa dirinya menghadiri Musyawarah DPW Perempuan Bangsa (PB) Sumsel dalam rangka pemilihan kepengurusan periode 2021-2026 dan evaluasi membuat program kerja lima tahun kedepan.

“Jadi disampaikan oleh ketua umum DPP Perempuan Bangsa ada beberapa hal yang menjadi catatan penting bagi Perempuan Bangsa Sumsel yaitu meningkatkan kapasitas peranan perempuan khususnya dibidang politik dan juga disektor-sektor lainnya yang tentunya tidak hanya sebatas pelengkap saja,” ujarnya.

Dirinya menyampaikan bahwa untuk menghadapi pemilu 2024 Perempuan Bangsa sebagai badan otonom PKB bertugas dengan mempunyai 2 (dua) agenda Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden yang harus disiapkan dari sekarang.

“Kuncinya yaitu konsolidasi organisasi Perempuan Bangsa yang harus dilakukan kedepan dan dengan target keterwakilan perempuan dari dilegislatif berdasarkan undang-undang 30 persen dan untuk dari PKB bukan hanya sebagai pelengkap saja melainkan harus mempunyai kualitas untuk bisa bersaing dengan perwakilan dari kaum pria,” kata Ramlan.

Selanjutnya Ramlan mengugkapkan bahwa isu ideologi masih tetap akan mewarnai proses demokrasi kedepan oleh karena itu dirinya sampaikan kepada PB dengan ideoIogi kita harus waspada jangan sampai isu agama menjadi salah satu sasaran memecah belah bangsa.

“Oleh karena itu pemahaman wawasan kebangsaan kita perlu ditingkatkan dan kita harapkan Perempuan Bangsa memahami wawasan kebangsaan tersebut jangan sampai terjadinya intoleransi dan terciptanya kelompok-kelompok radikalisme,” harapnya.

Terakhir Ramlan menambahkan bahwa isu ideologi pasti hangat terjadi pada pilpres dan legislatif kedepan karena banyak dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan alasan demokrasi menurut keinginan mereka yang tidak menginginkan Indonesia damai dan berdaulat.

“Langkah-langkah untuk antisipasinya yaitu dengan memberikan pemahaman wawasan kebangsaan karean itu merupakan target utama kita, minimal untuk kader-kader generasi muda kita kedepan,” tutupnya.

Penulis : Zul | YES