IBC, JAKARTA – Wakil Ketus Umum Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Fahri Hamzah (FH) merespon terhadap langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang memberhentikan dengan hormat 56 pegawai yang tidak lolos dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dalam konperensi pers (konoers) yang digelar KPK.

“Saya mengikuti dengan seksama konpers ini. Ajakan menatap masa depan dari Ketua KPK RI mari kita sambut. KPK kini harus tegak lurus di jalur hukum. Ia adalah lembaga negara. Tetaplah di jalur negara. Kami rakyat tidak mau kalian bergabung dengan aksi jalanan. #MajuTerusKPK (dengan tagar),” ujar Fahri di akun Twitter pribadinya, Rabu (15/9/2021).

Menurut Fahri, langkah KPK merupakan perjalanan panjang dalam melakukan kosolidasi kelembagaan.

‘Ini adalah ujung dari perjalanan panjang untuk melakukan konsolidasi kelembagaan. Jangan percaya bahwa ini pelemahan atau niat jahat menghambat pemberantasan korupsi, tidak!. Jangan pernah meragukan @KPK_RI hanya karena orang2 tertentu tak lagi di sana. #MajuTerusKPK,” ujarnya.

Baca juga : KPK Berhentikan 56 Pegawai Dengan Hormat

Mantan Wakil Ketua DPR ini menjelaskan lembaga yang baik menganut paham pewarisan yang baik.

“Kecerdasan, talenta, kapasitas dan profesionalisme lembaga @KPK_RI melekat pada lembaga. Lembaga yang baik menganut paham pewarisan yang baik. Orang2 datang dan pergi tapi lembaga tambah baik setiap hari. Kita harus percaya pertumbuhan kapasitas kolektif setelah 20 tahun ini,” jelas Fahri.

Selanjutnya Fahri menyatakan kalau kita berharap KPK bekrrja seperti malaikat tentu salah juga.

“Tapi, salah juga kalau kita berharap KPK RI bekerja seperti malaikat tanpa salah. Bagaimanapun KPK adalah lembaga tempat manusia biasa bekerja. Itulah sebabnya UU revisi lahir untuk memastikan keterbukaan dan pengawasan yang profesional. #MajuTerusKPK,” ujarnya.

Baca juga : Untuk 56 Pegawai Yang Akan Diberhentikan, KPK Ucapkan Penghargaan Setinggi-tingginya

Dirinya mengatakan termasuk orang yang merasa senang melihat orang mengkritik KPK secara gencar karena akan menyehatkan KPK sekarang.

“Saya termasuk yang senang melihat kritik kepada @KPK_RI yang sangat gencar. Daripada pujian membabi buta, kritik kepada KPK sekarang akan memyehatkan KPK. Percayalah ini pupuk dan gizi bagi penguatan KPK ke depan. Itulah yg harus terus dimengerti oleh pencinta KPK.#MajuTerusKPK,” katanya.

Lebih lanjut Fahri menuturkan dirinya merasa senang atas sikap tenang tenang para pimpinan KPK dalam menanggapi akhir dari mantan pegawainya.

“Saya juga senang melihat sikap tenang para pimpinan KPK RI dalam menanggapi akhir dari mantan pegawai KPK ini. Apapun, perpisahan dengan lembaga pasti menyisakan luka. Tapi kafilah tetap harus berlalu. Perjuangan KPK masih jauh. #MajuTerusKPK,” tuturnya.

Terakhir mantan Ketum Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) mengucapkan selamat kepada KPK dan juga seluruh pimpinan.

“Sekali lagi, saya mengucapkan selamat kepada KPK RI dan juga seluruh pimpinan, staf dan pegawainya yang masih ada di dalam atau yg telah jadi mantan di luar. Jangan putus asa, asalkan kita tetap terus berjuang akhirnya kita akan sampai jua. Insya Allah. #MajuTerusKPK,” pungkas Fahri.

Penulis : DS | YES