IBC, PALEMBANG – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang Zainal Abidin angkat bicara terkait banjir yang diakibatkan oleh genangan air yang hampir merata dampak dari tingginya curah hujan di Kota Palembang.

Zainal Abidin mengatakan melalui komisi III DPRD Kota Palembang akan memanggil dan audiensi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang akan menanyakan mana yang namanya jalan negara di Kota Palembang agar bisa memecahkan permasalahan genangan air yang terjadi ketika turun hujan.

“kita sudah tahu bahwa air ini adalah air tergenang, oleh karena itu kemana kita harus mengalirkannya, jangan sampai ketika turun hujan masih ada genangan air oleh sebab itu kita akan tanyakan langsung kepada pihak PUPR bagaimana menanggulangi genangan air ini,” ucapnya saat diwawancara di gedung DPRD Kota Palembang, Selasa (14/9/2021).

Ia juga mengajak bersama Dinas PUPR untuk buat Peraturan Daerah (Perda) terkait penanggulangan genangan air, karena di PUPR banyak insinyur-insinyur atau tenaga ahlinya dan secara tegas dirinya akan meminta secepatnya untuk menanggulangi genangan air yang terjadi.

“Secara pribadi secepatnya kita akan coba turun langsung kelapangan ketika masih kering untuk meninjau titik-titik rawan terjadinya genangan air dan berharap semua permasalahan genangan air ini dapat terselesaikan,” kata Zainal.

Berdasarkan data BMKG Sumsel wilayah Sumsel curah hujan akan tinggi, Zainal Abidin meyakini bahwa dari pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dalam hal ini Dinas PUPR sudah mengetahui titik daerah genangan air dan tinggal bagaimana cara pemecahan permasalahannya secara cepat untuk mengurangi jangan sampai titik genangan air tinggi.

“Karena kedepan prediksi curah hujan akan tinggi, Kepada Pemkot Palembang untuk memberikan edukasi atau masukan kepada masyarakat jangan melewati daerah-daerah rawan banjir ketika hujan turun dan untuk peranan masyarakat agar menjaga parit-parit atau selokan jangan sampai terdapat banyak sampah karena akan menyumbat air yang mengalir,” tutupnya.

Penulis : Zul | YES