IBC, RIAU – Pidato pengukuhan Guru Besar Jaksa Agung ST Burhanuddin di Universitas Sudirman mendapat apresiasi dari Markas Daerah Laskar Merah Putih Provinsi Riau.

Jaksa Agung mengangkat judul “Hukum Berdasarkan Hati Nurani: Sebuah Kebijakan Penegakan Hukum Berdasarkan Keadilan Restoratif” di UNSOED Jumat September 2021. Pidato ini memberi harapan bagi masa depan penegakan hukum demokratis di Indonesia, sesuatu yang sedang ditunggu.

Jaksa Agung mengatakan untuk mencapai keseimbangan tujuan hukum yang hakiki, tak bisa lepas dari nilai-nilai luhur yang ada dalam suatu bangsa. Terkait hal ini Jaksa Agung mengutip pendapat Von Savigny yang menyebut hukum didasarkan pada karakter dan jiwa kebangsaan bangsa yang bersangkutan.

Menurut Ketua Markas Daerah LMP Riau (Mada LMP Riau), Usamah Khan bahwa pengukuhan Guru Besar Jaksa Agung ST Burhanuddin merupakan harapan bagi masa depan penegakan hukum demokratis di Indonesia, yaitu “”Restorative Justice” sebagai ide Jaksa Agung.

“Saya sepakat dengan Jaksa Agung menyampaikan akan selalu timbul gap keseimbangan tujuan hukum, khususnya tujuan keadilan hukum dengan kepastian hukum. Semakin condong neraca tujuan hukum menuju nilai keadilan hukum, maka neraca itu akan semakin menjauhi nilai kepastian hukum,” ujar Usamah kepada IBC, Kamis (16/9/2021).

Ketika ditanyakan hubungan dengan isi pidato pengukuhan tersebut dengan penegakan hukum di Provinsi Riau, Usamah yang juga Manager Pelaksana LBH LMP wilayah Riau mengatakan semoga ini menjadi pendorong kegelisahan penerapan hukum selama ini.

“Mudahan ini menjadi pendorong atas kegelisahan kekakuan penerapan hukum selama ini.,” atanya.

Pendapat ini ditambahkan Usamah Kajagung menekankan pentingnya ruh penegakkan hukum yaitu Jiwa Pancasila.

“Apalagi dalam pidato pengukuhan guru besar tersebut Kajagung menekankan pentingnya ruh penegakkan hukum yaitu Jiwa Pancasila. Ruh Jiwa yang dimaksud Jaksa Agung adalah Pancasila sebagai norma dasar negara yang semua norma menjadi derivasinya harus menjadikan Pancasila sebagai sumber dasar filosofinya” pungkasnya.

Penulis : Faisal | YES