IBC, JAKARTA – Liverpool sukses membungkam Crystal Palace dengan skor 3-0 dalam partai Premier League 2021/22 pekan kelima di Anfield, Sabtu (18/9/2021) malam WIB.

Tiga gol kemenangan Liverpool masing-masing diciptakan oleh Sadio Mane di menit ke-43 serta Mohamed Salah dan Naby Keita di babak kedua.

Dalam pertandingan ini Jurgen Klopp memberikan debut kepada pemain anyar yang dibeli RB Leipzig yakni Ibrahima Konate yang berduet dengan Virgil Van Dijk di jantung pertahanan Liverpool.

Crystal Palace tampil mengejutkan di awal babak pertama dengan dua peluang beruntun mengancam gawang Alisson Becker lewat aksi Wilfried Zaha dan Christian Benteke namun belum ada gol yang tercipta.

Sempat tertekan di menit-menit awal Liverpool secara perlahan mulai tampil dominan. Kapten The Reds Handerson memilik peluang pada menit ke-16 dengan memanfaatka umpan Mane namun tendangannya berhasil diblok Guaita.

Kedua tim memiliki peluang yang belum dapat menciptakan sebuah gol akibat kokohnya pertahan masing-masing tim.

Akhirnya Mane membuat penonton di Stadion Anfield bergemuruh pada menit ke-43 lewat sontekan jarak dekat dengan memanfaatkan bola rebound sundulan Salah yang ditepis Guaita. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Gol Mane ini merupakan gol ke-100 untuk Liverpool di semua ajang dan pemain asal Senegal ini mencetak sejarah menjadi pemain pertama yang telah mencetak sembilan gol secara beruntun pada tim yang sama yakni Crystal Palace.

Kedudukan 1-0 tidak berubah hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama.

Pada babak kedua pun Liverpool terus mendominasi jalannya pertandingan namun pasukan Jurgen Klopp masih kesulitan untuk menambah keunggulan.

Pada menit ke-78 Liverpool berhasil menggandakan kemenangan lewat sepakan Salah memanfaatkan umpan sepak pojok yang sempat disundul Virgil van Dijk.

Keita mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-89 sukses menggetarkan gawang Guaita lewat tembakan voli pertama kali.

Pertandingan ini berakhir dengan skor 3-0. Berkat hasil ini, Liverpool untuk sementara berhak memuncaki klasemen dengan perolehan 13 poin. Sementara itu, Crystal Palace menduduki peringkat 13 dengan poin 5.

SUSUNAN PEMAIN

Liverpool: Alisson; James Milner, Ibrahima Konate, Virgil Van Dijk, Konstantinos Tsimikas; Fabinho, Jordan Henderson (Divock Origi 88′), Thiago (Naby Keita 62′); Mohamed Salah, Diogo Jota (Curtis Jones 76′), Sadio Mane.

Istana Kristal: Vicente Guaita; Joel Ward, Marc Guehi, Joachim Andersen, Tyrick Mitchell; Cheikhou Kouyate (Michael Olise 82′), James McArthur (Jairo Riedewald 65′), Conor Gallagher; Jordan Ayew, Christian Benteke (Odsonne Edouard 65′), Wilfried Zaha.

Penulis : FA | YES