IBC, JAKARTA – Legenda dan pencetak gol terbanyak Totthenham Hotspur Jimmy Greaves meninggal dunia pada usia 81 tahun.

“Kami sangat sedih mengetahui meninggalnya Jimmy Greaves yang hebat, bukan hanya pencetak gol terbanyak Tottenham Hotspur tetapi juga penembak jitu terbaik yang pernah ada di negara ini. Jimmy meninggal dunia di rumahnya pada dini hari tadi (Minggu 19 September), dalam usia 81 tahun,” rilis laman resmi klub, Minggu (19/9/2021) waktu Indonesia.

Sepanjang karir bermainnya yang luar biasa bersama Spurs, Jimmy telah mencetak 266 gol dalam 379 penampilan Dia juga mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu musim yakni 1962/1963 dengan 37 gol yang hingga kini belum bisa terpecahkan.

Jimmy merupakan anggota skuad Inggris yang memenangkan Piala Dunia 1966, Jimmy juga mencetak 44 gol dalam 57 penampilan.

Lahir di East Ham pada 20 Februari 1940, karir Jimmy kariernya pada tingkat Junior di Chelsea.

Dia tetap di Stamford Bridge sampai Juni 1961, ketika dia pindah ke AC Milan, dan 41 golnya di Divisi Pertama pada 1960/61 masih menjadi rekor Chelsea untuk satu musim.

Namun, itu hanya kunjungan singkat ke Italia. Sembilan gol dalam 14 pertandingan Serie A adalah hasil yang mengesankan tetapi dia tidak pernah benar-benar menetap di Milan sehingga Bill Nicholson bergerak cepat untuk mengamankan jasanya dan dia bergabung dengan Spurs pada bulan Desember 1961.

“Meskipun kami baru saja memenangkan ‘Double‘, tidak diragukan lagi bahwa kedatangan Jimmy di N17 membuat kami menjadi tim yang lebih baik lagi. Dia adalah pencetak gol alami, selalu berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat untuk menambahkan sentuhan akhir pada pergerakan bagus lainnya, sementara dia juga bisa menciptakan golnya sendiri, seperti yang dia lakukan dalam banyak kesempatan dengan melewati pemain bertahan dan mengoper bola. ke bagian belakang jaring. Dia memiliki kontrol bola yang sempurna, keseimbangan yang bagus dan ketenangan di depan gawang sehingga dia jarang menyia-nyiakan peluang,” tulis situs resmi klub Spurs lagi.

Tidak mengherankan ketika ia mencapai target pada debut Tottenham melawan Blackpool pada 16 Desember 1961, mencetak hat-trick untuk memberikan indikasi apa yang akan terjadi selama sembilan tahun ke depan.

Dalam beberapa bulan setelah tiba di Lane, Jimmy memenangkan medali senior pertamanya saat kami mempertahankan Piala FA, dan dia mencetak gol pembuka dalam kemenangan 3-1 kami atas Burnley di Wembley. Musim berikutnya, gol mengalir dengan kecepatan yang luar biasa. Dua golnya di Final Piala Winners Eropa membantu kami mengalahkan Atletico Madrid 5-1, saat kami menjadi klub Inggris pertama yang memenangkan trofi Eropa.

Dia meninggalkan Spurs pada Maret 1970, untuk bergabung dengan West Ham United, sebelum pensiun pada akhir musim 1970/71 pada usia 31 tahun. Pada Oktober 1972, 45.799 orang berkumpul di White Hart Lane untuk memberi penghormatan kepada Jimmy. dalam pertandingan Testimonialnya melawan Feyenoord.

Dia dianugerahi MBE dalam daftar Penghargaan Tahun Baru Ratu pada akhir 2020.

“Kami menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada istrinya Irene, empat anak mereka, 10 cucu dan cicit,” pungkas situs resmi Spurs.

Penulis : FA | YES