IBC, PALEMBANG – Dewan Pimpinan Pusat Persaudaraan/Paguyuban Nusantara Sumsel Bersatu (DPP PNSB) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mendistribusikan bantuan beras Gubernur Sumsel kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Acara ini dihadiri secara langsung oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru di Posko Bamukoi Kelurahan 5 Ulu Kecamatan SU I Kota Palembang, Selasa (21/9/2021).

Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) menyiapkan 1000 ton beras untuk didistribusikan kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19 yang dibantu oleh tokoh-tokoh masyarakat yang mengorbankan tenaga dan pikiran.

“H Syahrial Oesman sebagai kakak dan guru menawarkan untuk membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) menyalurkan bantuan beras kepada warga yang tepat dan inilah yang namanya subsidi silang dimana para masyarakat pembayar pajak yang cukup berkemampuan menjalankan konstitusionalnya sebagai warga negara yang mau membantu menyalurkan beras kepada yang tidak mampu,” katanya.

Herman Deru mengimbau kepada masyarakat yang menerima bantuan beras agar memanfaatkan dengan baik dan dirinya mengucapkan terima kasih kepada Syahrial Oesman beserta jajaran PNSB yang telah membantu Pemprov Sumsel mendistribusikan bantuan beras untuk yang membutuhkan

“Tidak ada maksud dari Pemprov Sumsel dan PNSB ini merendahkan bagi siapapun yang menerima beras bantuan, karena ini merupakan bagian dari perhatian Pemerintah kepada masyarakatnya,” ucapnya.

Sementara Ketua DPP PNSB Provinsi Sumsel H Syahrial Oesman mengatakan kegiatan hari ini merupakan penyerahan secara simbolis beras bantuan oleh Gubernur Sumsel yang akan didistribusikan oleh DPP PNSB Provinsi Sumsel sebanyak 200 ton untuk tahap pertama yang akan dibagikan kepada 54 paguyuban yang tergabung didalam PNSB yang tersebar di 18 kecamatan Kota Palembang.

“PNSB hari ini mendistribusikan beras 10 kilogram untuk satu Kepala Keluarga (KK) dan untuk Kecamatan Seberang Ulu I sebanyak 10 ton untuk 1000 KK dimana pembagian secara simbolisnya diadakan di kelurahan 5 ulu yang sudah menyetorkan KTP dan KK sebagai syarat penerima beras bantuan Gubernur Sumsel,” ujar Syahrial.

Syahrial membeberkan bahwa total keseluruhan untuk 3 (tiga) kecamatan yaitu Seberang Ulu I, Kertapati dan Jakabaring yang terdampak Covid-19 sebanyak 46,6 ton beras untuk 4660 KK dimana setelah selesai penyaluran secara Simbolis di 5 Ulu maka sisanya akan disalurkan beberapa hari ke depan.

“Dan setelah Kota Palembang Mudah-mudahan Gubernur Sumsel menambah qouta lagi untuk PNSB distribusikan beras bantuan tersebut karena Kami sudah menyampaikan kepada Gubernur untuk menambah quota pada tahap kedua sebanyak 300 ton yang akan dibagikan untuk kabupaten kota diwilayah provinsi,” tutupnya.

Penulis : Zul | YES