IBC, CILALACAP – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama sejumlah masyarakat dan anak-anak melakukan pelepasliaran tukik atau anak penyu di Pantai Kemiren, Desa Griya Tegalsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Twngah (Jateng), Kamis (23/09/2021) sore.

“Tadi yang kita lepas adalah tukik Penyu Lekang dan tukik Penyu Hijau. 1.500 tukik penyu, untuk melestarikan satwa penyu yang semakin menurun populasinya. Kita harapkan agar tidak punah,” ujarnya.

Menurut Jokowi, kegiatan pelepasan ini juga diharapkan dapat menciptakan ekosistem laut yang sehat serta menjaga keseimbangan lingkungan di pesisir pantai di tanah air.

“Saya mengharapkan dengan kegiatan ini, ada kesadaran, ada kepedulian, ada partisipasi dari masyarakat untuk menjaga dan melestarikan penyu agar [populasi] penyu semakin banyak dan semakin meningkat,” ujarnya.

Kepala Negara menegaskan bahwa program ini juga akan dilakukan secara masif di seluruh pantai di Indonesia.

“Program pelepasan tukik penyu ini tidak hanya akan dilakukan di Cilacap, tetapi akan kita lakukan secara masif di pantai-pantai di seluruh wilayah tanah air yang kita miliki,” pungkas Jokowi.

Penulis : DS | YES