IBC, PALEMBANG – Ikatan Keluarga Bersatu Mendayun Komering Ulu Timur (IKB MANGKU) gelar kegiatan sosial penyerahan bantuan beras Gubernur Provinsi Sumsel, bakti sosial (Baksos) donor darah dan sunatan massal di Jalan DI Panjaitan Lr Jama-jama Plaju Kota Palembang, Minggu (26/9/2021).

Kegiatan bakti sosial dihadiri Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru, Bupati Banyuasin H Slamet Somosentono, Kadis Sosial Mirwansyah dan seluruh pengurus IKB MANGKU.

Bupati Banyuasin H Slamet Somosentono mengatakan bahwa dirinya hadir dalam undangan kegiatan baksos IKB MANGKU, karena dirinya merupakan salah satu pembina, walaupun dirinya berasal dari Jawa tetapi almarhumah istrinya keturunan dari Mendayun asli.

“Saya ucapkan terima kasih karena sudah diundang dalam kegiatan baksos oleh IKB MANGKU, karena undangan kegiatan bakti sosial ini merupakan suatu kehormatan untuk bisa hadir dan bertemu dengan saudara-saudara kita IKB MANGKU,” ucapnya.

Sebagai pembina IKB MANGKU dan Sebagai Wakil Bupati Banyuasin memberikan apresiasi dengan kegiatan Baksos Ini merupakan antusias pengorbanan dengan melihat pandemi Covid-19 yang terjadi tidak tahu kapan berakhirnya, dimana IKB MANGKU sudah memperlihatkan jati dirinya sebagai pekerja sosial, sesuai dengan moto Banyuasin kerja keras, cerdas dan ikhlas.

“Mari kita berdoa bersama agar Covid-19 sirna dari Kota Palembang dan Kabupaten Banyuasin dan semoga pekerjaan baksos ini terus dilanjutkan setiap tahunnya dan bahkan event-event lainnya karena dukungan dari Gubernur Sumsel luar biasa dimana IKA MANGKU merupakan berasal dari daerah beliau sebelum menjadi Gubernur,” imbuh Slamet.

Sementara itu, Ketua Umum IKB MANGKU Muahammad Tabrani Marzuki membeberkan bahwa begitu kepengurusannya dilantik (25/1/2020) sudah ada rencana untuk baksos yaitu donor darah, sunatan massal dan bagi sembako, begitu pandemi Covid-19 melanda kegiatan donor darah dan sunatan massal ditiadakan,tetapi pembagian sembako tetap dilakukan dengan cara diantar langsung ke rumah orang yang akan menerimanya.

“Sembako tersebut berasal dari seluruh anggota IKB MANGKU dimana dana yang terkumpul pada waktu itu Rp 85 juta, dan kita bagikan dalam bentuk paket, dimana satu paketnya bernilai Rp 100 ribu,” ujar Tabrani.

Karena kegiatan baksos merupakan agenda tahunan sebelumnya akan dilaksanakan Mei 2021, karena bulan Mei, Juni, Juli dan Agustus pandemi Covid-19 Kota Palembang masuk level 4 jadi ditunda untuk menjaga nama baik pembina IKB MANGKU yaitu Gubernur Sumsel H Herman Deru yang merupakan Ketua Satgas Covid-19 Provinsi Sumsel dan ketika level untuk Kota Palembang turun baru kami laksanakan.

“karena sekarang Kota Palembang sudah menurun ke level 2 (dua) maka kegiatan Baksos kami laksanakan dan alhamdulillah peserta donor darah ada 83 orang dan sunatan massal 80 orang dan untuk beras 1000 paket dimana satu paket 10 kilogram betul-betul bantuan gubernur Sumsel,” kata Tabrani.

Terakhir Tabrani menambahkan bahwa rencana awal IKB MANGKU punya sembako juga untuk dibagikan pada baksos ini, karena takut terjadinya bias atau prasangka dimana ada sembako dan ada beras bantuan gubernur, seolah-olah ada jabling, maka kita fokus dengan penyaluran beras bantuan Gubernur Sumsel.

“Kepada seluruh pengurus maupun anggota IKB MANGKU apa yang sudah menjadi agenda tetap akan berjalan dan kedepannya akan menjadi lebih baik dan lebih sukses lagi,” tutupnya.

Penulis : Zul | YES