IBC. PALEMBANG – Rumah Sakit Muhammad Husen Palembang gelar kegiatan peresmian ruang rawat inap Graha Eksekutif yang diresmikan oleh Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru di Aula Gedung Graha Eksekutif RSMH Palembang lantai 8, Selasa (28/9/2021).

Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan bahwa terobosan berani yang mengandung nilai spirit bagi seluruh tenaga kesehatan (nakes) di RSMH, bahwa sebenarnya RSMH mampu bersaing dengan Rumah Sakit swasta diluar Provinsi Sumsel atau bahkan diluar negeri dengan layanan yang bersetara dengan nasional maupun internasional.

“Apresiasi saya kepada seluruh pihak RSMH yang berusaha untuk mengubah pola pikir yang selama ini layanan nakes Rumah Sakit milik pemerintah kurang bersih dan kurang ramah dimana RSMH mengubah pola pikir tersebut dan saya minta ini menjadi trend center diikuti oleh layanan kesehatan lainnya dan Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang mampu berbuat berani tapi berani untuk spirit buat seluruh Nakes,” ucapnya.

Herman menuturkan bahwa dirinya mendengar banyak sekali masyarakat Sumsel yang berobat keluar negeri, dan sekarang harus kompak bahwa RSMH mempunyai layanan-layanan dengan faskes tidak kalah dengan luar negeri asal kita memberi contoh seperti Malaka, Johor dan yang lainnya dengan nakes Dokter Ahli dan Spesialis lengkap yang jumlahnya banyak dan faailitasnya lengkap.

“Untuk seluruh jajaran direksi dan manajemen RSMH untuk terus berbenah memperbaiki diri termasuk berani bersaing dengan swasta dalam pelayanan personal yang merupakan tugas yang paling terdepan dan mudah-mudahan dengan muka ramah dan tutur kata yang sopan akan menjadi kontribusi yang bersih,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Utama RSMH Palembang Bambang Eko Sunaryanto mengatakan alhamdulillah hari ini Gubernur selaku kepala daerah Provinsi Sumsel meresmikan ruang rawat inap di Gedung Graha Eksekutif.

“Ruang inap ini berada dilantai 4, 5, 6 dan 7 dengan tempat tidur sebanyak 59 ruangan terdiri dari dilantai 4 satu ruangan president suite dan tujuh ruangan VVIP, sedangkan dilantai 5, 6 dan 7 masing-masing ada 17 ruangan rawat inap untuk VIP dan untuk tarif yang berlaku tahun 2021 untuk president suite Rp1.7 juta perhari, VVIP Rp1.3 juta perhari dan VIP Rp1.2 juta perhari yang dikhususkan non BPJS,” kata Bambang.

Bambang menuturkan untuk pelayanan khusus di ruangan Graha Eksekutif RSMH dengan pelayanan yang istimewa yaitu dipilih perawat yang bagus, disediakan peralatan kesehatan, dan Dokter 24 jam yang melayani 59 ruangan tempat tidur.

“Ruangan Graha Eksekutif untuk seluruh penyakit non covid-19 dan wilayah yang dilayani Sumbagsel yaitu Provinsi Sumsel, Jambi, Bangka Belitung, dan Lampung tetapi jika ada pasien dari luar Sumbagsel yang stay disini akan dilayani juga dan layanan rawat jalan seluruh penyakit yaitu poli rawat jalan eksekutif dan medical check up baik fisik maupun jiwa,” tututnya.

Terakhir Bambang menambahkan untuk meningkatkan pelayanan medis baik dokter dan perawat di Graha Eksekutif sudah dibekali yaitu kompetensi skill dalam pelayanan pasien dan keterampilan melayani dengan komunikasi yang efektif bagaiman menangani komplin dan sebagainya.

“Bagi masyarakat luar tidak perlu keluar negeri lagi atau keluar dari wilayah Sumbagsel karena Graha Eksekutif RSMH merupakan rujukan nasional dan bagi seluruh karyawan berharap meningkatkan pendapatan RSMH sehingga bisa mengembangkan pelayanan yang lain,” tutupnya.

Penulis : Zul | YES