IBC, PALEMBANG – Walikota Palembang H Harnojoyo kunjungan kerja (kunker) dalam rangka pengemasan pupuk organik yang dikeluarkan oleh Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Reduce Reuse Recycle (3R) Selayur Jaya di Kelurahan Sungai Selayur Kecamatan Kalidoni Kota Palembang, Selasa (28/9/2021).

Walikota Palembang H Harnojoyo mengucapkan terima kasih kepada seluruh yang terlibat merubah tempat ini, dimana sebelumnya tempat pembuangan sampah dan sekarang disaksikan secara bersama-sama bahwa tempat ini sudah bersih.

“Mudah-mudahan apa yang dilakukan oleh kelurahan sungai Selayur dibawah kendali Camat Kalidoni yang akan menjadi contoh oleh TPS-TPS atau kelurahan-kelurahan yang lain, dimana akan mengurangi volume sampah yang akan kita antar ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampai 3 (tiga) ton perhari,” katanya.

Harmojoyo menyampaikan apa yang dikatakan oleh Camat sekarang di TPS 3R Selayur Jaya hampir kekurangan sampah, karena sampahnya dimanfaatkan Untuk dibuat pupuk organik, konblok, biji plastik dan dirinya mengapresiasi kepada semua yang terlibat dengan kegiatan ini.

“Kepada PT Pusri kami mengucapkan terima kasih atas binaannya kepada TPS 3R Selayur Jaya, mudah-mudahan perusahaan-perusahaan yang lain akan mengikuti apa yang dilakukan oleh PT Pusri sehingga seluruh wilayah Kota Palembang nanti ada TPS yang sering kita kenal yaitu bagaimana untuk mencegah, mengurangi dan memanfaatkan sampah yang tidaK berguna lagi,” ujarnya.

Sementara Manajer CSR PT Pusri Heri Suharsono mengatakan bahwa PT Pusri sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Kelurahan Sungai Selayur dengan membangun TPS 3R Selayur Jaya dimana sampah dikelolah untuk mengurangi sampah dari sumbernya yang bisa dimanfaat ulang.

“Disini ada kegiatan membuat sampah organik menjadi pupuk dan sampah non organik dibuat Konblok dan plastik-plastik yang bisa diolah menjadi biji-biji plastik kembali dimana Pusri sangat mendukung dengan kegiatan menjaga lingkungan dan limbah bisa dikurangi dari sumbernya,” kata Heri.

Heri mengungkapkan bahwa PT Pusri memfasilitasi sarana prasarana dari kegiatan di TPS 3R Selayur Jaya yaitu peralatannya, listrik, air, Tehnologi untuk pembuatan pupuk organiknya dan untuk pembakaran plastiknya agar tidak menimbulkan polusi udara

“Kegiatan yang dibantu PT Pusri di TPS 3R Selayur Jaya menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dengan menelan biaya lebih kurang Rp 200 juta dan untuk kelurahan lain yang mempunyai program serupa akan kita bantu, dimana sebelumnya sudah kita bantu yang di Kelurahan Kalidoni,” ungkapnya.

Selanjutnya Camat Kecamatan Kalidoni M Rama Cahya Putra mengatakan bahwa kemaren dirinya telah mengundang Walikota Palembang untuk kegiatan kunjungan dan peninjauan dan sekaligus pengemasan perdana pupuk organik produksi dari TPS 3R Selayur Jaya.

“Alhamdulillah Walikota telah berkunjung dan menyempati diri untuk simbolis pengemasan Pupuk organik ini, dan sedikit saya sampaikan bahwa TPS 3R Selayur Jaya ini sama dengan TPS 3R Kalidoni, hanya yang membedakan TPS 3R Selayur Jaya ini langsung dibawah binaan PT Pusri,” ujar Rama.

Rama menuturkan bahwa seluruh aktivitas Produksi Pupuk Organik TPS 3R Selayur Jaya dibawah pengawasan PT Pusri baik dimulai dari proses sampai pengemasan, dan Alhamdulillah PT Pusri secara tidak langsung telah mengontrak kawan-kawan pengurus TPS 3R Selayur Jaya untuk produksi Pupuk organik sebanyak 1 (satu) ton.

“Alhamdulillah kawan-kawan disini saat ini fokus terlebih dahulu untuk produksi pupuk organik ini, mengingat sampah-sampah yang ada di TPS 3R Selayur Jaya ini masih cukup kurang, dimana sedikit berbeda sampah-sampah yang digunakan sebagai bahan dasarnya oleh TPS 3R Kalidoni hampir semua jenis sampah dan di TPS 3R Selayur Jaya, diminta oleh PT Pusri harus sampah yang betul-betul dipilah yaitu daun-daun kering, dan sampah buah-buahan,” ujarnya.

Terakhir Rama mengatakan bahwa lahan yang digunakan TPS 03 Selayur Jaya milik pemerintah Kota Palembang dengan luas 13×25 m yang digunakan untuk produksi Pupuk Organik dimana untuk produksinya harus betul-betul bagus, karena merupakan standarisasi dari PT Pusri.

“Harapan kami TPS 3R Selayur Jaya ini bisa dijadikan File Projek juga oleh kelurahan-kelurahan lain terutama di Kecamatan Kalidoni, yang memiliki 4 TPS yaitu TPS Kalidoni, TPS Sungai Selayur, TPS Selincah dan TPS Bukit Sangkal dan kami sudah bicara dengan pihak PT Pusri setelah ini selesai, nantinya kami harapkan bisa menjadi duplikasi TPS 3R Selayur Jaya,” tutupnya.

Penulis : Zul | YES