IBC, PALEMBANG – Komunitas UKM Asyik Suka Palembang gelar kegiatan pecah rekor tumpeng raksasa dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-4 bertempat di Atrium Palembang Indah Mall (PIM) Jalan Letkol Iskandar Kecamatan Bukit Kecil Kota Palembang, Kamis (30/9/2021).

Kegiatan dihadiri Staf Ahli Walikota Bidang Perekonomian Pembangunan Investasi Kota Palembang Hj Letiziah, Kadin Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani, Kadin Koperasi & UKM Ana Heryana dan seluruh anggota Komunitas UKM Asyik Suka Palembang.

Ketua Komunitas UKM Asyik Suka Palembang Lilis Pajriyah mengatakan anggota Komunitas UKM Asyik Suka Palembang berjumlah 300 orang terbagi dari dua WA yaitu WA 1 dan WA 2 dengan aktivitas anggotanya 60 persen kuliner dan sisanya 40 beraktivitas Craft dan Sandang dan Jasa

“Di HUT ke-4 Komunitas UKM Asyik Suka Palembang sebelumnya ingin mengadakan sesuatu yang luar biasa yaitu membuat tumpeng raksas dengan tinggi 1(satu) meter, tetapi karena ada kesalahan meja kurang kuat, maka dibuatlah tumpeng dengan panjang 2 meter,” ujarnya.

Lilis mengungkapkan bahwa komunitas Ini juga sering mengadakan pelatihan-pelatihan kuliner seperti pembuatan pempek, pembuatan tumpeng, dimana tumpeng raksasa yang dibuat dalam kegiatan di HUT ke-4 merupakan kreasi anggota momunitas tanpa adanya sponsor,

“Tumpeng raksasa terbentuk atas sumbangan anggota komunitas yaitu uang, nasi, lauk dan hiasan-hiasannya, sehingga kegiatan pecah rekor tumpeng raksasa mengusung tema dari kita, untuk kita dan oleh kita untuk berkarya,” ungkapnya.

Selanjutnya Lilis menyampaikan bahwa sebelumnya komunitas ini mendapatkan bantuan perizinan sampai label halal dari pemerintah kota dan untuk sekarang dirinya mengharapkan bantuan modal supaya komunitas ini lebih survive dan maju

Alhamdulillah aktivitas anggota komunitas kami sekarang sudah banyak yang maju dan menambah lapangan pekerjaan buat masyarakat lainnya,” ujarnya.

Terakhir Lilis menjelaskan anggota Komunitasnya secara resmi belum terdaftar di Usaha Mikoro Kecil dan Menengah (UMKM), tetapi komunitas ini, di bawah binaan Dinas Perindustrian dan Dinas Koperasi Kota Palembang.

“Jika pihak Dinas tersebut mengadakan kegiatan pelatihan, komunitas kami selalu diundang untuk ikut serta dan setiap ada bantuan kami selalu gerak cepat dan Alhamdulillah kami selalu dapat kouta,” tutupnya.

Penulis : Zul | YES