IBC, PALEMBANG – Untuk melaksanakan Program Buy The Service (BTS) Kota Palembang Driver Bus PT Trans Musi Palembang Jaya (TMPJ) mengikuti sertifikasi kompetensi pengemudi angkutan umum Bus massal perkotaan 2021 bertempat di Hotel Santika Premiere Palembang, Jum’at (1/10/2021).

PT TMPJ merupakan anak perusahaan dari PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J) yang bergerak dibidang angkutan massal perkotaan dan didirikannya PT TMPJ atas menangnya lelang pada program pilot project Kementerian Perhubungan.

Direktur PT TMPJ Anthony Rais mengatakan bahwa kegiatan sertifikasi driver diadakan 3 (tiga) kali dalam satu tahun yaitu sertifikasi dari Kemeterian Perhubungan, sertifikasi yang dilaksanakan oleh manajemen pengelola dan sertifikasi dari perusahaan yang sudah berkompeten di bidangnya yang bekerjasama dengan PT TMPJ.

“Untuk kegiatan dilaksanakan langsung oleh PT TMPJ, saya tidak ingin ikut campur dengan masalah penilaian dan sudah saya serahkan kepada orang yang sertifikasi perusahaannya yang bisa mengeluarkan sertifikasi berkompeten dibidangnya dan punya kualitas untuk menguji,” katanya.

Anthony menyampaikan TMPJ memiliki 66 unit kendaraan bus dengan trayek Alang-alang Lebar ke Dembo, Alang-alang Lebar ke Talang Jambi, Jakabaring ke Pasar Plaju dan Asrama Haji ke Sako dimana yang jalan atau beroperasi 59 unit bus.

“Untuk jumlah driver yang mengikuti sertifikasi kompetensi pengemudi ada 142 orang dilatih selama 2 (dua) hari, dimana hari pertama untuk teori dan hari kedua untuk praktek,” ujarnya.

Selanjutnya Anthony mengharapkan ikutnya driver bus PT TMPJ sertifikasi kompetensi pengemudi angkutan umum bis massal perkotaan tahun 2021 agar driver disiplin dan mengutamakan keselamatan dan kenyamanan penumpang.

“Segala kegiatan driver dalam bus bisa dilihat dari CCTV baik saat sedang mengemudi, minum, mengantuk dan bawa kendaraan ngebut tidak boleh lebih dari 50 Km/jam, dan jika lebih maka driver akan didenda Rp200 ribu,” tutupnya.

Penulis :Zul | YES