IBC, SUMSEL – Bupati Kabupaten Banyuasin H Askolani Jasi hadiri event Festival Bugis Carnaval yang digelar oleh Ikatan Wanita Sulawesi Selatan (IWSS) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mengenalkan budaya Bugis di Sumsel di Atrium OPI Mall Kecamatan Rambutan Banyuasin, Selasa (5/10/2021).

Askolani mengatakan bahwa dirinya menyaksikan secara langsung Festival Bugis Carnaval Sulawesi Selatan dan apresiasi yang luar biasa dengan ditampilkannya budaya Bugis yaitu pakaian adat pernikahan Bugis dan kuliner makanan khas Bugis

“Memang sejarah mengukir bahwa Kesultanan Palembang dengan Kesultanan Sulawesi yaitu Sultan Mahmud Badaruddin dan Sultan Hasanudin merupakan sahabat karib dan tentunya terjadi lagi dimasa sekarang dimana hubungan yang sangat erat sekali antara masyarakat Sumsel dengan masyarakat keturunan Bugis yang ada di Sumsel,” katanya

Dirinya mengatakan dengan Festival Bugis Carnaval bisa membangkitkan lagi semangat untuk mencintai budaya di Sumsel termasuk salah satunya budaya Bugis yang ada di Sumsel dan khususnya di Kabupaten Banyuasin karena 10 persen masyarakat Banyuasin berasal dari Bugis.

“Selamat kepada IWSS yang telah melaksanakan kegiatan Bugis Carnaval dan apresiasi luar biasa dalam rangka untuk mengembangkan budaya dan mengembangkan ekonomi provinsi Sumsel dan khususnya Kabupaten Banyuasin dan kita harapkan kegiatan ini dilaksanakan tahun berikutnya yang lebih baik dan lebih meriah lagi,” ucap Askolani.

Sementara Ketua IWSS Sumsel Andi Nurbaya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Banyuasin yang mendukung kegiatan Festival Bugis Carnaval yang dilaksanakan hari ini.

Alhamdulillah kegiatan ini yang ke-2 kalinya dimana yang pertama melalui Kirana entertainment untuk mengisi acara festival 17 Agustus yang pada saat itu pihak OPI Mal sangat berkesan dengan kegiatan kami lomba masak khas Bugis dan pihak OPI Mal menawarkan kembali kepada kami untuk menyelenggarakan kegiatan IWSS ke-2 ini,” ujar Andi.

Andi menjelaskan tujuan dari kegiatan Festival Bugis Carnaval yaitu untuk mengenalkan bahwa IWSS di Sumsel ada dan mengangkat budaya Sulawesi Selatan, karena di Kabupaten Banyuasin warga keturunan Bugis.

“Dengan adanya festival ini mudah-mudahan warga keturunan Bugis diwilayah Banyuasin mengetahui bahwa IWSS ada dan kami mempersilahkan kepada warga keturunan Bugis di Banyuasin untuk bergabung menjadi anggota IWSS Sumsel,” tutupnya.

Penulis : Zul | YES