IBC, SUMSEL – Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPD PDI-P) Sumatera Selatan (Sumsel) kerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang gelar vaksinasi vaksin dosis tahap dua di Sekretariat DPD PDI Perjuangan Sumsel, Selasa (5/10/2021).

Wakil ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel Susanto Adjis mengatakan bahwa DPD PDI Perjuangan Sumsel yang melibatkan DPC setiap Kabupaten Kota serta Ranting, mulai struktur kepengurusan mulai dari tingkat DPD sampai tingkat kecamatan menargetkan vaksinasi 5 (lima) ribu orang.

“Vaksinasi dosis pertama yang sudah terkonfirmasi dengan kita berjumlah 850 orang, artinya 850 orang tersebut bisa saja vaksinasi dosis ke-2 nya tidak hari ini tetapi dilakukan ditempat lain yang dilaksanakan oleh instansi dan organisasi kemasyarakatan yang melakukan vaksinasi sama seperti kita,” ujarnya.

Adjis menuturkan bahwa kegiatan Vaksinasi merupakan bentuk konkrit partai dan Fraksi PDI Perjuangan Sumsel untuk tetap hadir ditengah masyarakat dalam kondisi apapun, namun kegiatannya tidak bisa terselenggara dengan baik tanpa bantuan dari Dinkes Provinsi Sumsel, Dinkes Kota Palembang dan beberapa Puskesmas yang ada di Kota Palembang serta seluruh sayap PDI Perjuangan.

“PDI perjuangan mulai dari tingkat DPD sampai tingkat pengurus Anak Ranting berpartisipasi membantu pemerintah dalam proses vaksinasi dan dengan menurunnya jumlah terpapar covid-19 ini harus dipertahankan dan semua masyarakat harus terus patuh dengan Protokol Kesehatan (Prokes), karena apa yang dilakukan oleh Dinkes Provinsi, Kabupaten Kota maupun Fraksi PDI Perjuangan selaku partai jangan sampai sia-sia,” katanya.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Sumsel ini mengucapkan terima kasih atas partisipasi masyarakat, Dinkes Kota Palembang, Dinkes Provinsi Sumsel dan seluruh tenaga kesehatan (nakes) yang telah membantu terlaksananya vaksinasi dosis tahap ke-2.

“Atas nama Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumsel mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh sayap dan badan partai dimana disetiap event dan kegiatan Partai tanpa didorong, disuruh dan diintruksikan mereka dengan sadar bergabung dengan kita untuk mensukseskan setiap agenda-agenda partai termasuk kegiatan hari ini bersama dengan kawan-kawan tenaga medis untuk melaksanakan dan mensukseskan vaksinasi dosis tahap dua,” ucap Adjis.

Dirinya yang mewakili Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel H Giri Ramanda Nazaputra Kiemas mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan vaksinasi baik dosis tahap pertama dan kedua dan beliau meminta maaf tidak bisa hadir karena kesibukan tugas yang sudah terjadwal.

“Saya mewakili H Giri Ramanda Nazaputra Kiemas selaku Ketua DPD Perjuangan Sumsel mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan vaksinasi baik dosis tahap pertama dan kedua,” ucapnya.

Tak lupa Adjis juga menyatakan adar komunikasi seliruh stakeholder dan Dinkes terus terjalin.

“Untuk seluruh stakeholder dan Dinkes komunikasi harus tetap terjaga dan tanpa bantuan kawan-kawan wartawan PDI Perjuangan tidak ada sampai hari ini dan kedepan persoalan kesehatan dan hal-hal yang bersifat mendasar untuk kepentingan rakyat harus didahulukan ketimbang dengan kepentingan yang lain,” tandasnya.

Sementara itu, Koordinator vaksinator Dinkes Kota Palembang Lince Maghdalena membeberkan bahwa dalam kegiatan Vaksinasi dosis ke-2 bekerja sama dengan PDI Perjuangan Sumsel melibatkan 4 (empat) vaksinator kesehatan (vaskes) dimana satu vaskes terdiri dari 7 sampai 12 orang untuk melayani 750 peserta vaksin.

“4 vaskes yang kita turunkan hari ini dimana setiap vaskesnya rata-rata melayani 150 orang peserta vaksin dosis ke-2 dan jika pesertanya tidak datang sesuai dengan target yang diharapkan, maka kita akan simpan di vaskes setempat,” kata Lince.

Terakhir Lince mengucapkan terima kasih luar biasa kepada PDI Perjuangan yang merupakan sebagai partai pertama dan pelopor vaksinasi di Kota Palembang

“Pada saat DPD PDI Perjuangan Sumsel mlaksanakan vakainasi dosis pertama lancar dan ramai bahkan sampai menambah kouta vaksin dan pada vaksinasi dosis ke-2 ini ada penurunan pemberian vaksin, bukan mereka tidak mau vaksin tetapi karena kita buka tempat vaksinasi yang hampir merata diwilyah kota palembang dan semoga kerjasama dengan DPD PDI Perjungan tetap berlangsung demi kesehatan bersama,” tutupnya.

Penulis : Zul | YES