IBC, PALEMBANG – Dinas Pariwisata Kota Palembang gelar acara penganugerahan predikat juara dalam lomba Kampung Kreatif tahun 2021 se-Kecamatan Kota Palembang di Ballroom Hotel Swarna Dwipa Kota Palembang, Rabu (6/10/2021).

Kampung Sugih Waras mewakili Kecamatan Sukarami dan Kampung Bingen Goegoek 27 Ilir mewakili Kecamatan Ilir Barat II (IB II) meraih predikat Juara I dan Juara II dalam lomba Kampung Kreatif Tahun 2021 se-Kecamatan Kota Palembang.

Camat Kecamatan Sukarame Muhammad Fadly mengucapkan syukur pada sore hari ini Kecamatan Sukarami mendapatkan kebahagiaan dengan berkat kerjasama dan semangat warga masyarakat kampung Sugih Waras Kelurahan Talang Jambe sehingga menjadi kampung kreatif terbaik di Kota Palembang.

“Untuk yang akan datang kita akan bentuk kembali kampung kreatif yang lain tidak hanya di Kelurahan Talang Jambe mungkin di Kelurahan-Kelurahan yang lain akan kami majukan sebagai wakil dari Kecamatan Sukarami,” ujarnya.

Fadly menjelaskan bahwa Kampung Sugih Waras yang terletak di Kelurahan Talang Jambe sudah ada sejak 1968 dan sejarah diberi nama Sugih Waras yang merupakan cita-cita dari keinginan para pendiri.

“Tujuan dari Kakek-kakek mendirikan Kampung Sugih Waras tahun 1968 yaitu mengharapkan kedepan agar anak cucunya Sugih Waras artinya Kaya dan sehat,” katanya.

Sementara itu, Camat Kacamatan Ilir Barat II Hambali Zen mengatakan bahwa Kampung Bingen Goegoek 27 Ilir Kecamatan IB II mendapatkan juara II Kampung Kreatif se-Kota Palembang dan dirinya mengharapkan dari Dinas Pariwisata bisa membawa banyak kunjungan ke Kampung Bingen Goegoek 27 Ilir.

“Kita sudah dua kali mengikuti perlombaan Kampung Kreatif dimana pada tahun 2020 kelurahan 29 Ilir mendapatkan juara harapan dan tahun 2021 27 Ilir mendapatkan juara II dan kedepan kita menginginkan kampung yang mendapatkan juara ini supaya dikujungi bukan hanya sebagai juara saja,” ujar Hambali.

Hambali mengungkapkan bahwa kegiatan lomba kampung kreatif yang dikuti oleh Kecamatan IB II dengan niat hanya untuk tampil sehingga bisa mengangkat dan bermanfaat untuk masyarakat disekitarnya, karena juara merupakan bonus.

“Lomba kampung kreatif tahun 2021 se-Kecamatan Kota Palembang ada 9 (sembilan) kampung yang mendapatkan juara, kalau bisa dari Dinas terkait untuk seluruh yang mendapatkan juara bisa membantu pengerajin dan tujuan wisata agar kampung tersebut bisa didatangi oleh pengunjung,” harapnya.

Terakhir Hambali menambahkan untuk terkait lomba kreatif berikutnya bahwa dirinya akan menampilkan secara maksima dan untuk juara merupakan bonusnya saja

“Dengan mendapatkan predikat kampung kreatif, bisa menunjukkan bahwa kampung tersebut benar-benar layak dengan mendapatkan predikat tersebut seperti dengan adanya kunjungan-kunjungan wisatawan kekampung tersebut,” tutupnya

Penulis : Zul | YES