IBC, JAJARTA – Kalender MotoGP 2022 akan menampilkan total 21 balapan, dimulai di Qatar pada 6 Maret dan berakhir tepat 8 bulan kemudian di Valencia.

Seperti yang dilansir MotoMatters.com Rabu (6/10/2021) Kalender 2022 melihat perluasan lebih lanjut dari jumlah balapan, karena Dorna menambahkan sirkuit baru dan negara baru ke dalam jadwal. Untuk Kymiring di Finlandia yang semula direncanakan pada tahun 2020, tetapi pandemi membuat hal itu terjadi, baik pada tahun 2020 atau 2021. Dan Sirkuit Mandalika di Lombok, Indonesia telah ditambahkan ke tahun 2021 sebagai sirkuit cadangan, tetapi sekarang akan dilombakan pada awal musim depan.

Musim dimulai di Qatar dengan balapan malam tradisional di Losail International Circuit. Dari sana, MotoGP menuju Indonesia, dan trek baru di Mandalika. Ini akan menjadi kunjungan kedua mereka, setelah tes di trek yang akan diadakan pada bulan Februari.

Dari Indonesia, balapan menuju Termas de Rio Hondo di Argentina, yang melihat kembalinya setelah pandemi dan kebakaran yang menghancurkan bagian dari kompleks pit.

Seminggu kemudian, MotoGP kembali ke Texas, dan Sirkuit Amerika di Austin. Itu masih tergantung pada sirkuit yang dimunculkan kembali, meskipun rumor baru-baru ini menunjukkan bahwa trek telah setuju untuk mengatasi Tikungan 2 hingga 10, minimum yang disyaratkan oleh Komisi Keselamatan.

Paddock Grand Prix kembali ke Eropa setelah balapan di Texas. MotoGP akan menuju Portimão daripada Jerez.

Balapan di Portugal akan berlangsung seminggu sebelumnya seri Eropa balapan dimulai di Spanyol, ini berlangsung selama 14 musim terakhir.

Setelah Jerez, mengikuti jadwal yang sudah dikenal: dari Le Mans ke Mugello ke Barcelona, ​​​​dengan Grand Prix Italia dan Catalunya terjadi pada akhir pekan berturut-turut.

Kemudian ke Jerman untuk Sachsenring, diikuti oleh back-to-back lainnya dengan TT Belanda di Assen. Dua minggu setelah Assen, paddock berkumpul di Kymiring di Finlandia.

Setelah itu MotoGP menuju ke Silverstone tiga minggu lebih awal dari biasanya, dengan Grand Prix Inggris berlangsung pada 7 Agustus. Setelah Inggris, dilanjutkan ke Red Bull Ring di Austria, dan kemudian Misano di Italia.

Dua minggu setelah itu datanglah tiga tajuk yang melelahkan: dimulai dari sirkuit Motorland Aragon pada 18 September, paddock terbang ke Jepang untuk balapan di Motegi pada 25 September, sebelum kembali ke barat lagi ke Buriram untuk Grand Prix Thailand pada 2 Oktober. Paddock mendapat libur seminggu, sebelum double-header luar negeri lainnya, Grand Prix Australia di Phillip Island diikuti oleh GP Malaysia di Sepang. Musim berakhir seperti biasa di Valencia, di Spanyol.

Semua tanggal, acara, dan kehadiran penonton tunduk pada evolusi pandemi dan persetujuan dari Pemerintah dan otoritas terkait.

Uji coba MotoGP 2022:

  • 31 Januari-2 Februari: Sepang, Malaysia (penggeledahan)
  • 5-6 Februari: Sepang, Malaysia (pramusim)
  • 11-13 Februari: Mandalika, Indonesia (pramusim)

Uji coba Moto2 dan Moto3 2022:

  • 22-24 Februari: Jerez, Spanyol (pramusim)

Berikut Kalender sementara 2022 di bawah ini:

  1. 6 Maret: Qatar – Losail*
  2. 20 Maret: Indonesia – Mandalika**
  3. 3 April: Argentina – Termas de Rio Hondo
  4. 10 April: Amerika Serikat – Sirkuit Amerika
  5. 24 April: Portugal – Portimao
  6. 1 Mei: Spanyol – Jerez
  7. 15 Mei: Prancis – Le Mans
  8. 29 Mei: Italia – Mugello
  9. 5 Juni: Catalunya – Barcelona-Catalunya
  10. 19 Juni: Jerman – Sachsenring
  11. 26 Juni: Belanda – Assen
  12. 10 Juli: Finlandia – KymiRing**
  13. 7 Agustus: Indonesia – Silverstone
  14. 21 Agustus: Austria – Sirkuit Red Bull Ring
  15. 4 September: San Marino – Misano
  16. 18 September: Aragon – MotorLand Aragon
  17. 25 September: Jepang – Motegi
  18. 2 Oktober: Thailand – Buriram
  19. 16 Oktober: Australia – Sirkuit Phillip Island
  20. 23 Oktober: Malaysia – Sepang
  21. 6 November: Valencia – Ricardo Tormo

* Balap Malam
** Tunduk pada Homologasi