IBC, SUMSEL – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Banyuasin gelar kegiatan pembukaan seleksi substansi Calon Kepala Sekolah khususnya Sekolah Dasar (SD) dilingkungan Disdikbud Kabupaten Banyuasin Tahun 2021.

Acara ini dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin H Muhammad Senen Har bertempat diruangan Limas I hotel Duta Kota Palembang, Jum’at (8/10/2021)..

Kegiatan kerjasama dengan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (LPPKSPS) dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Sekda Pemkab Banyuasin H Muhammad Senen Har mengatakan bahwa Disdikbud Kabupaten melaksanakan kegiatan substansi seleksi bakal kepala Sekolah Dasar dimana sesuai dengan aturan setiap Calon Kepala Sekolah (CKS) harus mengikuti beberapa tahapan yaitu seleksi administrasi, seleksi substansi dan Diklat sebelum dipercayakan menjadi Kepala Sekolah.

“Pemkab Banyuasin masih membutuhkan Kepala Sekolah , sedangkan dari sekolah yang ada masih kekurangan guru yeng memiliki Sertifikasi CKS sebagai Syarat untuk menjadi kepala Sekolah, oleh sebab itu hari ini kita lakukan Substansi calon Kepala Sekolah,” katanya.

Senen membeberkan bahwa peserta yang mengikuti substansi seleksi calon Kepala Sekolah berjumlah 61 guru dan setelah dilakukan seleksi administrasi berkurang menjadi 57 guru, sedangkan yang tidak lulus dikarenakan faktor belum cukup pangkat dan batas usia yang telah melampaui.

“Kita melibatkan tim Asesor LP2KSPS dari Solo dengan menyerahkan soal-soal kepada 57 guru dan mereka akan menjawab sesuai dengan kriteria untuk lulus ke tahap berikutnya yaitu wawancara dan setelah lulus maka mereka berhak untuk ikut seleksi selanjutnya melalui Diklat akan mendapatkan sertifikasi dan baru bisa kita usulkan menjadi Kepala Sekolah,” bebernya.

Terakhir Senen mengharapkan apa yang mereka miliki sebagai seorang pendidik yaitu mereka mempunyai pengetahuan, keterampilan, sikap dan prilaku, kemampuan, kekuatan, kesanggupan dan daya kepemimpinannya

“Harapan kita untuk 57 guru peserta yang mengikuti seleksi substansi calon kepala sekolah lulus sampai ketahap akhir dengan memiliki sertifikasi CKS dan jika semuanya lulus berarti negara tidak dirugikan,” tutupnya.

Penulis : Zul | YES