IBC, PALEMBANG – Pondok Pesantren (Ponpes) Ar Rahman Palembang gelar vaksinasi dosis tahap pertama untuk siswa dan masyarakat sekitar kerjasama Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) di Aula Ponpes Ar Rahman Jalan Tegal Binangun Kecamatan Plaju Kota Palembang, Senin (18/10/2021).

Kegiatan vaksinasi dihadiri Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda, Kakankemenag Kota Palembang H Deni Priansyah, Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Ivan Prawira Satya Putra, Camat Plaju Ahmad Furqon dan Kapolsek Kecamatan Plaju Iptu Novel Siswandi Kurniawan.

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan bahwa dirinya hadir secara langsung pelaksanaan vaksinasi yang diberikan kepada anak-anak siswa dan warga sekitar Ponpes Ar Rahman kerjasama TNI dan Polri.

“Kita sangat merasa terbantu sekali dan berikan apresiasi yang sangat tinggi kepada kawan-kawan TNI-Polri yang terus membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dalam mencapai target vaksinasi 70 persen sampai akhir Oktober dan 100 persen sampai akhir tahun,” katanya.

Fitrianti menuturkan bahwa terbukti Kota Palembang memiliki data zero (nol) untuk kasus kematian oleh Covid-19 dan semakin sedikitnya kasus penularan berdasarkan data bor tidak mencapai 5 persen.

“Saat ini masyarakat sudah mengerti bahwa vaksinasi ini cukup penting, karena disetiap pelaksanaan vaksinasi di kecamatan dan kelurahan Antusias warga luar biasa banyak oleh sebab itu pemberian vaksinasi jangan sampai tersendat sehingga target 70 persen akhir Oktober dan 100 persen akhir tahun tercapai,” ujarnya.

Selanjutnya Fitrianti mengungkapkan bahwa untuk sekarang vaksinasi untuk masyarakat kota Palembang hampir 60 persen dan hampir mendekati 70 persen oleh karena itu Sudah hampir satu minggu disetiap kecamatan dan sekolah-sekolah di Kota Palembang melaksanakan vaksinasi massal

“Oleh karena itu kondisi Yang sekarang sudah kita bisa nikmati Agak jauh lebih baik betul-betul harus bisa kita tingkatkan lagi menjadi New Normal, tetapi saya ingatkan kembali walaupun nanti sudah zona hijau dan New normal harus tetap menjaga Protokol Kesehatan (Prokes) yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak karena sudah menjadi kewajiban kita untuk sekarang dengan kondisi apapun di Kota Palembang,” imbuhnya.

Sementara Mudir/Ketua Ponpes Ar Rahman Palembang Ustadz Moh Muhsin mengatakan bahwa vaksinasi dosis tahap pertama untuk siswa dan masyarakat sekitar Ponpes Ar Rahman kerjasama dengan TNI, Polri dan Dinas Kesehatan dengan target seribu orang.

“Untuk vaksinasi siswa yang terdata di Ponpes Ar Rahman ada 800 siswa dan masyarakat disekitar lebih kurang 200 orang dan dengan adanya vaksinasi ini bisa mencapai target yang diharapkan oleh Pemkot Palembang agar masyarakat terbebas dari virus covid-19 sehingga kegiatan-kegiatan masyarakat bisa berjalan seperti sebelumnya tidak ada jarak lagi,”ucap Ustadz Muhsin.

Ustadz Muhsin menghimbau bagi anak-anak siswa yang belum vaksin ketika ada program vaksinasi segeralah mendaftarkan dengan catatan dalam kondisi sehat dan bagi masyarakat yang belum vaksinasi jangan takut, karena vaksinasi bukanlah sesuatu hal yang membahayakan

“Vaksinasi merupakan program Pemerintah, jadi tidak mungkin pemerintah ingin menjerumuskan dan membahayakan masyarakatnya, kalaupun ada itu hanya isu-isu untuk menakuti kita,” ujarnya.

Terakhir Ustad Muhsin menyampaikan bahwa sebelum kegiatan vaksinasi dilaksanakan pihaknya memberikan himbauan dengan memberikan surat izin persetujuan wali santri agar anaknya diizinkan untuk diberi vaksin.

“Sebulan sebelum pelaksanaan vaksinasi sudah kita sampaikan kepada para wali santri melalui Whatsapp (WA) groub wali santri dan wali kelas untuk memberikan persetujuan dan insyaallah vaksinasi dosis tahap kedua akan kita gelar kembali sesuai dengan intruksi selanjutnya dari pemkot Palembang,” tutupnya.

Penulis : Zul | YES