IBC, Jakarta – Dewan Pimpinan Wilayah Serikat Rakyat Mandiri Indonesia (DPW SRMI) Provinsi DKI Jakarta bersama-sama dengan warga Taman Kota dan Kembangan Utara Jakarta Barat melakukan kegiatan naturalisasi sungai dengan melakukan penanaman pohon bambu di sekitaran Anak Kali Angke.

Kegiatan itu dilakukan dalam rangka menghadapi musim penghujan dan mengantisipasi adanya banjir rutinan.

Biro Advokasi SRMI, Nuradim, mengatakan bahwa dengan penanaman pohon bambu ini diharapkan dapat membendung arus masuk dan keluar lumpur kali.

“Kita punya teori tentang penanganan banjir yang ramah lingkungan, dengan penanaman bambu, kita ingin membendung arus masuk maupun arus keluar lumpur waktu musim hujan, sehingga timbunan lumpur dari atas dapat tertimbun dengan di tahan bambu,” ujar Nuradim yang merupakan Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah Partai Rakyat Adil Makmur (DPW PRIMA) DKI Jakarta tersebut, Senin (25/10/2021).

Nuradim menjelaskan, warga sekitar sangat antusias melakukan kegiatan naturalisasi sungai ini. Bahkan, lanjutnya, mereka rela mengeluarkan dana patungan hingga jutaan rupiah untuk bergotong royong agar kegiatan ini dapat dilaksanakan.

“Warga dan Ormas bersedia bekerja sama dengan kami, warga bergotong royong patungan keuangan, ada yang 10 ribu, 20 ribu, hingga jutaan, warga bukan hanya antusias membantu tenanga tapi juga bersedia patugan keuangan,” imbuhnya.

Nuradim juga menyampaikan, program naturalisasi sungai ini ke depan akan melibatkan Pemerintah Daerah DKI Jakarta. Tidak hanya itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan rencananya juga akan meresmikan secara langsung kegiatan naturalisasi sungai rutin antara SRMI, warga dan Pemda.

“saat ini naturalisasi Sungai ini di lakukan secara gotong royong  oleh Warga setempat dan Ormas SRMI. Kegiatan ini di langsungkan di Taman kota RT. 016/05 RT.001/04 Dan RT.012/06 Kel. Kembangan Utara, sebagai daerah percontohan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua RT setempat Yahya WPS mengapresiasi niat baik SRMI dalam menyelesaikan permasalahan banjir di daerahnya. Ia berharap metode yang digunakan oleh SRMI dan warga dapat efektif mengatasi banjir.

“Metode penanganan banjirnya sederhana dan ramah lingkungan, kita berharap ini efektif menangani banjir, sangat bersyukur ada partai baru yang memikirkan keadaan warga kami,” tambahnya.

Penulis: AW|Editor: SW