IBC, SUMSEL – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) gelar pelatihan tenaga keolahragaan coaching clinic cabang olahraga (cabor) Bowling di Bowling Center Jakabaring Sport City Jalan Silaberenti Kota Palembang, Senin (25/10/2021).

Kadispora Provinsi Sumsel H Ahmad Yusuf Wibowo melalui Kepala Seksi (Kasi) Pembibitan Iptek dan Tenaga Keolahragaan Muhammad Yahya mengatakan bahwa kepelatihan tenaga keolahragaan pada awalnya akan dilaksanakan Tahun 2019, karena ada pandemi Covid-19 jadi tertunda dan tahun 2021 baru bisa dilaksanakan dengan melibatkan pelatih dari PBI Sumsel dan ABS Bowling.

“Kegiatan kepelatihan tenaga keolahragaan diikuti 150 guru olagraga yang berasal dari sekolah-sekolah dikota palembang yang dibagi 2 (dua) Cabang Olahraga (Cabor) yaitu 175 guru untuk Cabor Bowling dan 175 untuk Cabor Tenis Meja,” katanya

Yahya mengungkapkan bahwa 75 guru olahraga yang mengikuti kegiatan pelatihan tenaga keolahragaan yaitu 25 guru dari tingkat SD, 25 guru dari tingkat SMP dan 25 guru dari tingkat SMA guna untuk pembibitan atlit cabor Bowling.

“Provinsi Sumsel mempunyai venue Bowling yang bagus untuk Cabor Bowling dengan 40 line dan kita bisa memperkenalkan Olahraga Bowling kepada anak-anak kita disetiap sekolah melalui guru olahraga yang mengikuti pelatihan tenaga keolahragaan,” ujarnya.

Lebih lanjut Yahya menuturkan bahwa kedepannya melalui kegiatan pelatihan tenaga keolahragaan guru olahraga bisa menerapkan ekstrakurikuler disekolah masing-masing sehingga bisa menyaring bibit-bibit untuk dijadikan atlet olahraga Bowling yang akan mewakili Sumsel.

“Dari program pelatihan tenaga keolahragaan terlebih dahulu kita memperkenalkan kepada sekolah-sekolah melalui guru olahraga bahwa Sumsel ada venue Bowling sehingga guru olahraga bisa mengajak siswa-siswinya agar tertarik untuk mengikuti ektrakurikuler olahraga Bowling dan jika ada sekolah yang menonjol diolahraga Bowling kita bisa salurkan melalui Persatuan Bowling Indonesia (PBI) Sumsel,” harapnya.

Terakhir Yahya menyampaikan bahwa untuk club Bowling di Sumsel ada 10 club dan untuk atlet Sumsel dari cabor Bowling ada 10-20 atlet.

“Melalui guru olahraga dengsn kegiatan pelatihan tenaga keolahragaan Bowling kita harapkan dapat menjaring dan menciptakan bibit atlet muda khususnya anak-anak dari sekolah-sekolah yang diarahkan bisa bermain Bowling sehingga bisa mencapai prestasinya untuk mewakili Sumsel,” pungkasnya.

Penulis : Zul | YES