IBC, TARAKAN – Program studi Teknologi Hasil Perikanan Universitas Borneo Tarakan (THP UBT) sukses melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pesisir Tanjung Batu Kota Tarakan.

Ketua Program Studi Teknologi Hasil Perikanan Universitas Borneo Tarakan (THP UBT), Ira Maya Abdian mengatakan untuk pesisir Tanjung Batu, Tarakan sebagian besar masyarakatnya mayoritas berprofesi sebagai nelayan yang memiliki hasil tangkapan ikan yang cukup melimpah.

Namun disamping itu menurut Ira, terdapat juga hasil tangkapan sampingan nelayan yang sebagian besar tidak bernilai ekonomis dan sebagian besar berakhir dibuang kelaut.

“Seperti jenis jenis ikan gulamah, bulan bulan, udang Mantis dan lainnya belum termanfaatkan secara optimal atau dalam kata lain bernilai ekonomis rendah” ucap Ira kepada media IBC, Senin (25/10/2021).

Melihat melimpahnya sumberdaya perikanan itu, menarik perhatian Ira Maya Abdiani dan Imra selaku ketua tim pelaksana serta Mohammad Fadnan, Reni Tri Cahyani, dan Novi Luthfiyana dari tim dosen program studi teknologi hasil perikanan universitas borneo tarakan untuk melakukan kegiatan melalui program kemitraan kepada masyarakat dengan sumber dana DIPA pada tanggal 25 November 2021 lalu.

“Kami melakukan dua kegiatan pengabdian dengan tema sosialisasi gemar makan ikan untuk meningkatkan gizi masyarakat pesisir desa Tanjung Batu Kota Tarakan dengan pembuatan olahan golden fish cracker dan fish egg roll berbahan dasar ikan dan kegiatan lain yakni pelatihan pembuatan penyedap alami dari udang hasil tangkapan samping nelayan pesisir tanjung batu kota Tarakan” tutur Ira.

Ira berharap, melalui program yang telah mereka jalankan sebelumnya selain mengedukasi masyarakat. kegiatan itu juga bisa membangkitkan potensi perekonomian dari hasil laut.

“Kiranya dapat mengedukasi masyarakat serta membangkitkan potensi perekonomian disana” tutupnya.

Penulis : GKS | YES