IBC, SANANA – Momen kelahiran Nabi Muhammad SAW pada 12 Rabiul Awal diperingati oleh setiap Muslim di seluruh dunia dengan perayaan Maulid, salah satunya di Negara Indonesia

Sebagaimana yang dilakukan oleh Majelis Ta’lim Al-Fala Desa Paslal, Kecamatan Mangole Tengah, Kepulauan Sula, Maluku Utara, rayakan Maulid Nabi Muhammad Saw 1443 H/2021 M, Senin (1/11/2021) dengan mengusung tema ” Satukan Tekad Untuk Mempererat Tali Silaturahmi dan Ukhuwah islamiah Serta Menghilangkan Perbedaan yang Memicu Perpicahan di Antara kita”.

Selain itu dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Majelis Ta’lim Al-Fala membaca Shalawat menjadi salah satu ibadah yang dianjurkan. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Al Quran surah Al-Ahzab ayat 56 dan dilanjutkan dengan ceramah dari Ustadzah Hj.Nurli Ode Idrus.

Pelaksanaan Malid Nabi Muhammad Saw di Desa Paslal Kecamatan Mangole Tengah, turut dihadir Camat Mangole Tengah, Hatija Silia, Sekcam Mangole Tengah, Hj. Maryati Sarfan dan Majelis Ta’lim Desa Waitina, Desa Mangole, Desa Waitulia, Desa Urifola, Desa Wai U , Desa Capalulu, Desa Bruakol, Desa Wailab , Desa Buya.

Kepala Desa Paslal, Sudarno Kaufua, menyampaikan kepada masyarakat Desa Paslal untuk menjalankan ajaran Rasulullah Saw sehingga tidak adanya perpecahan antara masyarakat.

“Rasulullah Saw, mengajarkan kepada kita bahwa perbedaan pendapat itu adalah Rahmat, sehingga saya ingatkan kepada seluruh masyarakat dan jamaah yang hadir pada hari ini agar tetap menyikapinya dengan baik sehingga tidak adanya jarak yang membuat kita terpecah belah,” ujar Sudarno dalam sambutannya.

Terlepas dari itu, Sudarno berkomitmen agar kegiatan keagamaan akan menjadi agenda rutin yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Paslal lewat Majelis Taklim.

“Saya berkomitmen, perayaan kegiatan keagamaan akan menjadi agenda rutin, baik Malid Nabi maupun Isra Mi’raj akan kami laksanakan tiap tahunnya lewat Majlis Ta’Lim Al-Fala Desa Paslal,” tegasnya.

Pada bagian akhir sambutannya, Sudarno mengingatkan kembali kepada seluruh masyarakat untuk tetap menaati protokol kesehatan.

“Kepada masyarakat saya mengingatkan dan mengajak agar tetap patuhi protokol kesehatan sehinggga Sula bebas dari Covid-19. Bagi yang belum divaksin  saya minta agar segera melakukan vaksinasi untuk menjaga imunitas tubuh,” imbuhnya.

Penulis : Tim | YES