IBC, PALEMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kerja sama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palembang menggelar sosialisasi dan pelatihan kader demokrasi.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kesbangpol Palembang Ahmadi Damrah bertempat di Aula Demokrasi lantai 3 Sekretariat KPU Kota Palembang, Selasa (2/10/2021).

Kepala Kesbangpol Kota Palembang Ahmadi Damrah mengatakan sesuai dengan amanat Undang-Undang bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) diharapkan dapat mensupport kegiatan Pemilihan Umum (Pemilu), Pemilihan Legislatif (pileg) dan Pemilihan Daerah (Pilkada) sesuai dengan tupoksi yang ada didalam upaya pendidikan politik oleh Kesbangpol Kota Palembang.

“Kegiatan sosialisasi dan pelatihan kader demokrasi ini merupakan salah satu bentuk suport Pemkot Palembang dalam bekerjasama dengan KPU Kota palembang untuk menghasilkan kader-kader yang mampu untuk menjadi pelaksana kegiatan Pemilihan Umum (Pemilu) baik Pemilihan Legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada),” harapnya.

Sementara Ketua KPU Kota Palembang Syawaludin mengatakan sosialisasi dan pelatihan kader demokrasi hari ini kelanjutan agenda kerjasama KPU Kota Palembang dengan Kesbangpol Kota Palembang seyogyanya selesai tetapi ditunda karena pandemi Covid-19 Kota Palembang masuk zona merah.

“Alhamdulillah dengan keadaan kota Palembang sekarang sudah diperbolehkan mengadakan acara tatap muka, maka agenda kerjasama KPU dengan Kesbangpol dilanjutkan dimana kegiatan sosialisasi ini merupakan sosialisasi yang ke-2 dan akan ada lanjutan sosialisasi lagi setelah kegiatan sosialisasi ke-2 ini,” kata Syawaludin.

Syawaludin menjelaskan bahwa peserta kegiatan sosialisasi dibatasi 50 orang yang diundang dengan cara diacak berasal dari pemerintahan, media mahasiswa, aktivis, dan organisasi dengan tujuan agar masyarakat memahami, jangan kesannya KPU 5 tahun sekali ketika tidak ada tahapan pemilihan KPU tidak ada kegiatan.

“Kami berharap setiap tahun kerjasama ini masih berlanjut, sehingga kami bisa sosialisasi dan khususnya untuk pemula yang baru tamat SMA dan selain sosialisasi diruangan kami juga ada agenda sosialisasi disekolah-sekolah dimana kemarin kami baru satu kali laksanakan sosialisasi go to campus and school mengadakan sosialisasi demokrasi dengan tujuan ketika hari pemilihan sebagian dari kader demokrasi ini menjadi penyelenggara dan mereka sudah memiliki basicnya,” jelasnya.

Selanjutnya Syawaludin menghrapkan kepada peserta setelah mengikuti sosialisasi dan pelatihan kader demokrasi ini, agar mensosialisasi ulang ke masyarakat karena KPU Kota Palembang akan mengagendakan peserta sosialisasi akan dilantik diakhir tahun dan disertai dengan sertifikat.

“Kami harapakan keterwakilan yang hadir dikegiatan sosialisasi ini bisa membantu KPU untuk mensosialisasikan ulang ke instansi atau lembaga mereka berasal atau ke masyarakat,” tutupnya

Penulis : Zul | YES